Breaking News:

Pilkada di Muratara 2020

Wabup Muratara Devi Suhartoni Dilaporkan Soal Bansos, Ini Tanggapan Bawaslu

Pelapor menduga Devi Suhartoni memanfaatkan bantuan itu untuk kepentingan politik karena ada simbol-simbol pencalonannya saat sembako dibagikan.

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Weni Wahyuny
TRIBUN SUMSEL/RAHMAT AIZULLAH
BANTUAN SEMBAKO - Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Devi Suhartoni menyerahkan bantuan sembako kepada petugas kebersihan di lingkungan ibukota kabupaten Muratara, Jumat (4/9/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Devi Suhartoni dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Devi dituduh menyalahgunakan bantuan sosial berupa sembako dari CSR Bank Indonesia untuk kepentingan politiknya di Pilkada 2020.

Devi dilaporkan oleh Randa Alala yang diketahui merupakan kuasa hukum dari lawan politiknya yaitu petahana Bupati Muratara Syarif Hidayat.

Pelapor menduga Devi Suhartoni memanfaatkan bantuan itu untuk kepentingan politik karena ada simbol-simbol pencalonannya saat sembako dibagikan.

Pelaku Asah Parang Sebelum Membacok, Keluarga Minta Pembunuh Imam Masjid di OKI Dihukum Seumur Hidup

Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari pelapor dan langsung ditindaklanjuti.

Bawaslu telah melakukan penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan dan meminta keterangan para saksi serta klarifikasi dari terlapor.

Setelah melakukan pemeriksaan, telaah dan kajian, Bawaslu Muratara memutuskan laporan tidak memenuhi unsur pasal pada undang-undang pemilihan.

"Laporannya sudah kami tindaklanjuti, status laporannya tidak memenuhi unsur pelanggaran pemilihan," kata Munawir kepada Tribunsumsel.com, Selasa (15/9/2020).

Tangan Masih Penuh Bekas Darah, Muslim Datangi Polrestabes Palembang, Dianiaya di Kostan Teman

Sementara itu Wakil Bupati Muratara Devi Suhartoni menegaskan dirinya tidak pernah menyalahgunakan bantuan dari Bank Indonesia itu untuk kepentingan politik.

Devi menjelaskan bantuan tersebut berasal dari CSR Bank Indonesia yang disalurkan melalui anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, Fauzi H Amro.

Fauzi Amro meminta Devi Suhartoni selaku Wakil Bupati Muratara untuk membagi-bagikan sembako itu kepada masyarakat.

Hal itu lantaran Devi Suhartoni adalah kandidat yang diusung oleh partai yang sama dengan Fauzi Amro pada Pilkada Muratara tahun 2020 ini.

"Waktu pembagian itu saya sampaikan bahwa itu CSR dari Bank Indonesia, tidak ada saya mengaku-ngaku itu dari saya."

"Bantuan itu diberikan melalui anggota DPR RI Fauzi Amro dari Partai NasDem, saya diminta menyalurkan, ya tidak ada salahnya, saya juga tidak ada mengajak memilih," kata Devi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved