Breaking News:

Pilkada Serentak

Gubernur Herman Deru Pastikan Pjs Bupati Bukan Putra Daerah Asal Wilayah yang Gelar Pilkada

Gubernur Herman Deru Pastikan Pjs Bupati Bukan Putra Daerah Asal Wilayah yang Gelar Pilkada

Editor: Siemen Martin
Humas Pemprov Sumsel
Herman Deru 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menegaskan penjabat sementara (PJs) di lima daerah yang mengikuti Pilkada Serentak 2020 bukan putra daerah.

Adapun lima daerah di Sumsel yang kepala daerahnya mengikuti Pilkada serentak yakni Mura, Muratara, OKU, OKU Selatan, dan Ogan Ilir.

Menurut dia, posisi PJs harus diisi oleh orang yang memang memiliki integritas agar tak terlibat dalam kepentingan saat Pilkada berlangsung.

“Kita bakal pilih Eselon II di lingkup Pemprov Sumsel. Pastinya yang berkompeten dan yang berpeluang pasti akan kita ajukan,” katanya, Selasa (8/9/2020).

Alasan lain Deru tak akan menunjuk putra daerah sebagai PJs di daerah yang menggelar Pilkada adalah untuk menghindari adanya kepentingan salah satu pasangan calon (paslon) yang maju dalam pemilihan tersebut.

“Jadi, netralitas politik dapat terjaga. Sebab, kalau putra daerah kan bisa saja tak netral.

Misalnya, orang dari suku A minta dijadikan Pjs di daerah asalnya. Ini takutnya dia tak bisa netral, bahkan bisa mendukung salah satu paslon yang sama suku dengannya,” jelas dia.

Meski memastikan bukan dari putra daerah, namun saat ini daftar nama-nama calon PJs untuk lima daerah tersebut pun masih belum diumumkan.

"Sedang digodok tapi yang pasti tidak putra daerah." ujar Deru.(mg3)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved