Breaking News:

DIRGAHAYU RI

Ada Motif Songket Sumatera Selatan, Makna Desain Uang Pecahan Rp75 Ribu Edisi HUT ke-75 RI

Halaman belakang juga bermakna menyongsong masa depan gemilang pada era digital, yang digambarkan dengan Satelit Merah Putih sebagai jembatan komunika

Editor: Weni Wahyuny
istimewa
Bertepatan dengan peringatan HUT ke 75 Tahun Kemerdekaan RI, Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan akan merilis uang rupiah khusus. 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - Bank Indonesia keluarkan uang pecahan Rp75.000 sebagai uang khusus edisi HUT ke-75 RI yang jatuh pada hari ini, Senin (17/7/2020).

Tak sembarang, desain uang Rp75.000 tersebut memiliki makna.

Filosofi desain uang baru peringatan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia meliputi pendiri negara Soekarno dan Mohammad Hatta hingga Satelit Merah Putih.

Gubernur  Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, filosofi itu digambarkan melalui desain mata uang yang meliputi halaman muka bermakna mensyukuri kemerdekaan.

"Mensyukuri dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh proklamator Insinyur Soekarno dan Doktorandus Mohammad Hatta," ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin (17/8/2020).

 

Selain itu ada berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia yang digambarkan melalui jembatan Youtefa, MRT, dan tol Trans Jawa.

Di halaman belakang bermakna memperteguh kebhinekaan dengan anak-anak berpakaian adat yang mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ada pula motif tenun nusantara diwakili grinting Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan keanggunan dan kesucian.

Halaman belakang juga bermakna menyongsong masa depan gemilang pada era digital, yang digambarkan dengan Satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved