Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Elektabilitas Hendra Gunawan Teratas Dibanding Kandidat Lain di Musi Rawas, LKPI Ungkap Penyebab

Kondisi ini, membuat elektabilitas balon-balon tergerus dan massa yang belum menentukan pilihan, mayoritas menjatuhkan pilihannya kepada H2G.

TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Direktur Eksekutif LKPI, Arianto saat memaparkan release temuan hasil survei "Menakar Kekuatan Calon Bupati pada Pilkada kabupaten Musirawas", di Hotel Swarna Dwipa, Sabtu (25/7/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--- Trend elektabilitas H Hendra Gunawan (H2G) masih teratas, dibandingkan para kandidat balon Bupati, yang akan maju dalam Pilkada Kabupaten Musirawas (Mura) pada 9 Desember 2020.

Menurut Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), kuatnya tarikan elektoral mantan Kepala Bapeda Kabupaten Mura ini, membuat angka elektoralnya semakin jauh jarak intervalnya dengan kandidat lain, yang akan bertarung pada pilkada di Kabupaten Musirawas.

“Saat survei digelar pada 10-19 Juli 2020 lalu, ditemukan kuatnya tarikan elektoral H2G dibanding kandidat lain, yang digadang- gadang akan maju Pilkada Mura," kata Direktur Eksekutif LKPI, Arianto didampingi kordinator Area, Sutrisno, dalam release temuan survei Menakar Kekuatan Calon Bupati pada Pilkada kabupaten Musirawas di Hotel Swarna Dwipa, Sabtu (25/7/2020).

Menurutnya, pada pertanyaan terbuka dengan menyodorkan beberapa nama kandidat dan diluar nama yang di survei, elekatbilitas H2G (61 %), Firdaus Cik Olah (10 %), Suwarti (6,4 %) Ratna Mahmud Amin (2,4 %), Alamsyah A Manan ( 1,4 %), Akmaludin (0,7 %).

"Elektabilitas nama kandidat lainya seperti Alamsyah A Manan, Wahyu Sumadi, Mulyana, Sumadi, Azandri, Amir Hamzah, Triono masih berada di bawah 0,7 % serta massa mengambang(16,7 %) ,” ungkapnya, jika survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka dan menggunakan metode multistage random sampling , responden sebanyak 420 responden dengan marjin of error +/-5 % dengan tingkat kepercayaan 95 %.

Sambil Menangis, Satu Tersangka Pembunuhan di 1 Ilir Akui Dendam, Orang Tua Pernah Disandera Korban

Dalam uji simulasi balon yang dilakukan, lanjut lembaga yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini, dilihat dari trend elektabilitas, H2G tetap konsisten berada di posisi pertama dari calon bupati lainnya.

"Tidak ditemukan adanya penurunan elektabilitas, pada waktu uji kekuatan stabilitas ketahanan pemilih pada simulasi, nama-nama balon bupati yang akan bertarung dalam kancah perebutan kursi nomor satu di Musirawas. Bahkan, dalam uji simulasi head to head antar calon bupati, daya dobrak elektoral H2G dalam menarik pemilih tetap konsisten di posisi urutan pertama," bebernya.

Kondisi ini, membuat elektabilitas balon-balon tergerus dan massa yang belum menentukan pilihan, mayoritas menjatuhkan pilihannya kepada H2G.

"Ini berdampak positif bagi H2G, dalam meraup elektabilitas dibandingkan calon lainnya," cap Arianto.

Ditambahkannya, uji simulasi empat nama, hasilnya adalah elektabilitas H2G (68,3 %), Firdaus Cik Olah (13 %), Suwarti (8,4 %), Ratna Mahmud Amin (3,6 %) dan masa mengambang 9,2 %.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved