Berita Palembang

Tak Hanya di Rumah Sakit, Layanan Rapid Test Pula Ada di Bandara, Dijadikan Bisnis ? Ini Kata Jubir

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel Yusri, SKM. MKM, bahwa rapid test diwajibkan terutama untuk syarat perjalanan

Tribun Sumsel/ Abriansyah Liberto
Ilustrasi Rapid Test 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Surat keterangan sudah melakukan rapid test jadi salah satu syarat seseorang untuk melakukan perjalanan, tempat rapid test pun mulai bermunculan.

Tak hanya di rumah sakit, layanan rapid test juga ada di bandara.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel Yusri, SKM. MKM, bahwa rapid test diwajibkan terutama untuk syarat perjalanan. 

"Kalau ada anggapan bahwa itu dijadikan bisnis, maka anggapan itu salah. Karena banyaknya pelayanan itu untuk mempermudah orang untuk rapid test," kata Yusri saat dikonfirmasi, Selasa (30/6/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, rapid test walaupun tingkat sensitivitas-nya tidak begitu tinggi, namun untuk screnning cukup efektif. Karena mudah dan hasil segera diketahui.

Lalu jika reaktif bisa dilanjutkan dengan test PCR. 

Sementara itu hal yang sama juga diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel Dr Nur Purwoko Widodo, M.Epid.

Dengan adanya layanan rapid test di berbagai tempat, bisa mempermudah masyarakat.

"Setiap Rumah Sakit dan Klinik yang mendapat izin resmi untuk melakukan pelayanan kesehatan, dapat memberikan layanan rapid test kepada masyarakat yang memerlukan," kata Nur Purwoko.

Sebab menurutnya, pemeriksaan rapid test juga termasuk salah satu bentuk layanan kesehatan.

Sehingga dengan banyaknya RS dan Klinik yang dapat memberikan layanan, bertujuan untuk mempermudah akses layanan kepada masyarakat yang memerlukan.

"Untuk di Bandara ada tempat rapid test yang bekerjasama dengan Klinik Kimia Farma. Karena ada beberapa kasus mereka sudah beli tiket pesawat tapi belum rapid test. Jadi tujuannya disediakan rapid test di sini untuk mempermudah masyarakat," jelasnya.

Sedangkan untuk maskapai yang juga ada turut membuka rapid test, menurut Nur Purwoko yang juga Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, bahwa ia belum mendapatkan informasi tersebut.
 

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved