Corona di Sumsel

Penambahan Kasus Positif Corona di Sumsel Pada Dua Pekan Terakhir Meningkat

Tim analisis epidemiologi di Sumsel menyatakan ada peningkatan kasus di dua Minggu terakhir ini.

Sumber: NIAID-RML vis Bloomberg
Bentuk virus Corona di mikroskop 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) masih terus bertambah.

Tim analisis epidemiologi di Sumsel menyatakan ada peningkatan kasus di dua Minggu terakhir ini.

"Analisis epidemiologi yang kita lakukan per dua Minggu ada peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 sebesar 2 persen di dua Minggu ini," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel Dr Iche Andriyani Liberty, Selasa (30/6/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, padahal di periode sebelumnya yaitu akhir Mei sampai pertengahan Juni penamban kasus positif Covid-19 di Sumsel sempat turun 44 persen.

Namun kini kembali naik 2 persen.

"Hal ini mungkin ada kaitannya dengan telah berakhirnya PSBB. Ketika PSBB tidak diberlakukan lagi atau disebut tahap penegakan disiplin protokol kesehatan harapannya masyarakat tidak lengah dan tetap waspada tetapi jangan cemas," ungkapnya.

Menurut Dr Iche, kasus konfirmasi positif akan meningkat ketika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Maka kita harus melindungi keluarga kita dan di dalam keluarga harus saling mengingatkan untuk menjalankan protokol kesehatan dan juga mengingatkan tetangga dan masyarakat sekitar untuk saling tegur menegur mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan," imbaunya.

Sementara itu untuk data up date Covid-19 hari ini ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 26 orang dengan rincian dari Palembang 12 orang, Banyuasin 6 orang, Musi Banyuasin 4 orang, PALI 1 orang, Lubuk Linggau 2 orang dan Muara Enim 1 orang.

"Untuk yang sembuh hari ini bertambah 7 orang dengan rincian dari Palembang 4 orang, Banyuasian 2 orang dan Ogan Ilir 1 orang. Sehingga yang sembuh dari Covid-19 totalnya 1.032 orang," katanya.

Lalu hari ini juga ada penambahan yang meninggal sebanyak empat orang dari Palembang. Maka total yang meninggal menjadi 90 orang.

"Total kasus positif 2.049 orang dengan rincian yang sudah selesai 1.122 orang dan yang masih aktif atau masih dalam perawatan dan menunggu hasil laboratorium sebanyak 927 orang," jelasnya.

Sementara itu untuk total orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 8.541 orang, selesai pemantauan 6.768 orang dan yang masih dalam pemantauan 1.773 orang.

Lalu total pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 947 orang, yang selesai dalam pengawasan 643 orang dan yang masih dalam pengawasan 304 orang.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved