Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Tahapan Pilkada Serentak 2020 Resmi Dilanjutkan, Pendaftaran 4 September, Ini Jadwal Lengkapnya

Tahapan lanjutan dimulai hari ini, dengan pengaktifan kembali PPK dan PPS yang sebelumnya di non aktifkan

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel/ Arief
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Senin (15/6/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pendaftaran bagi bakal pasangan calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada serentak 2020 mendatang, dibuka pada 4-6 September 2020.

Hal ini berdasarkan Peraturan KPU (KPPU) RI nomor 5 tahun 2020, tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020.

"Sesuai PKPU yang baru itu (PKPU no 5 tahun 2020), KPU akan membuka pendaftaran bagi bakal pasangan calon kepala daerah pada 4 hingga 6 September."

"Sedangkan tahapan lanjutan dimulai hari ini, dengan pengaktifan kembali PPK dan PPS yang sebelumnya di non aktifkan," kata ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Senin (15/6/2020).

Menurut Kelly di Sumsel terdapat 7 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak 2020, yaitu Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan dan OKU Timur.

Tahapan Pilkada kembali dilanjutkan per 15 Juni, setelah sempat ditunda pada awal Mei lalu.

"Pendaftaran yang dilakukan KPU Kabupaten tersebut, selain untuk jalur parpol, pendaftaran juga sertak bagi paslon perseorangan yang telah memenuhi syarat dukungan sebelumnya," jelasnya.

Nantinya diungkapkan Kelly, KPU Kabupaten akan melakukan verifikasi terhadap pihak yang mendaftar sebagai calon kepala daerah. Verifikasi dilakukan pada 4-22 September.

Sepanjang proses itu, KPU mengumumkan dokumen data diri para pasangan calon (paslon) dan dokumen calon di laman resmi KPU.

Itu dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui atau memberi informasi kepada KPU untuk diverifikasi terkait calon yang bersangkutan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved