Bantuan Sembako Pemkab OKI Sudah Disalurkan ke 9 Kecamatan, Sisanya Terus Dikebut

Bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya yang terdampak pandemi virus corona

Tribun Sumsel/ Winando
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) sudah mulai mendistribusikan bantuan sosial sembako untuk masyarakat yang terdaftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) sudah mulai mendistribusikan bantuan sosial sembako untuk masyarakat yang terdaftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejak 8 Mei 2020.

Bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya yang terdampak pandemi virus corona, hingga ekonomi keluarganya mengalami kemunduran.

Hingga hari ini, persentase penyaluran bantuan program Bansos Pemkab OKI pada tahap pertama sudah mencapai 50% dari target masyarakat yang telah terdaftar, Senin (11/5/2020).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI, Reswandi mengutarakan, sebanyak 9 kecamatan dari 18 kecamatan yang ada di OKI sudah dalam proses penyaluran bantuan.

"Sembilan kecamatan ini antara lain Kecamatan Jejawi, Sirah Pulau Padang, Air Sugihan, Pampangan, Pedamaran Timur, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam, Mesuji Raya, Kayuagung dan Kecamatan Mesuji," sebutnya.

Dikatakan lebih lanjut, pihak Dinsos OKI akan mempercepat geraknya dalam menuntaskan penyaluran bantuan hingga keseluruh kecamatan yang ada di OKI.

"Sebanyak 29.833 paket sembako sudah didistribusikan, sisanya masih bertahap sesuai jadwal hingga penyaluran tersebut betul-betul tuntas," katanya.

Dijelaskannya, jika ada perubahan data penerima bantuan ini karena pihaknya telah melakukan sinkronasi dengan data penerima BLT Dana Desa dan Bansos lainnya untuk menghindari tumpang tindih penerima bantuan.

"Kita lakukan sinkronasi dengan data BLT-DD dan Bansos lainnya untuk mencegah pendistribusian bantuan secara tumpang tindih,"

"Sehingga bansos yang berasal dari dana refocusing APBD OKI ini menyasar sebanyak 67.394 Kartu Keluarga," jelasnya.

Ditambahkannya, Bupati OKI juga memerintahkan kepada para Camat dan Kepala Desa mengumumkan data penerima alokasi bantuan sosial.

"Nama-nama penerima bantuan sosial dibuka dimuka umum, nama-nama itu di tempel di ruang publik. Sembako diberikan berdasar nama yang ada dipengumuman tersebut," tutupnya.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved