Harga Minyak Mentah Dunia Anjlok Kok Harga BBM Belum Turun? Ini Alasan Menurut Menteri ESDMI

Menyampaikan alasan terkait harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang belum diturunkan meski minyak mentah dunia sedang anjlok, Menteri Energi dan Sumber Da

TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyampaikan alasan terkait harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang belum diturunkan meski minyak mentah dunia sedang anjlok, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. 

Pada Senin (4/5/2020), hal itu disampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR secara virtual, di Jakarta.

"Harga jual eceran BBM bulan Mei masih sama dengan April 2020. Pertimbangannya karena pemerintah terus memantau perkembangan harga minyak dunia yang belum stabil atau memiliki volatilitas yang cukup tinggi," kata Arifin.

"Jadi periode masih panjang harga BBM di Indonesia juga bukan yang termahal di ASEAN, ada Singapura dan Laos di atasnya," tuturnya.

Arifin menambahkan pemerintah tetap mempertahankan kebijakan JBT (Jenis BBM Tertentu) dan JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan) serta memberikan subsidi minyak tanah dan LPG yang digunakan langsung oleh masyarakat kecil.

Kementerian ESDM mendukung badan usaha seperti Pertamina yang melakukan aksi korporasi memberikan diskon atau cashback untuk menjaga daya beli konsumen yang cenderung turun.

Seperti diketahui, volume penjualan BBM di Indonesia turun secara signifikan sekitar 26,4 persen pada April dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19 (Januari-Februari).

Sebelumnya, Direktur PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan penyesuaian harga BBM menjadi kewenangan dari Kementerian ESDM melalui Keputusan Menteri.

"Penetapan harga BBM regulated. Setiap bulan kami mengikuti formula yang ditetapkan ESDM. Harga ditetapkan pemerintah hari ini belum ada perubahan," terang Nicke dalam video virtual, Kamis (16/4/2020).

Karena itu, Pertamina secara korporasi sudah merespons harga minyak dunia yang turun dengan memberikan diskon khusus.

"Kami melakukan langkah secara korporasi karena memang boleh," urai mantan pejabat PLN tersebut.  

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ini Alasan Harga BBM Belum Turun Menurut Menteri ESDMI, https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/05/04/ini-alasan-harga-bbm-belum-turun-menurut-menteri-esdmi.
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasanudin Aco

Halaman
123
Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved