Breaking News:

Berita Ramadhan

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar untuk Mendapatkan Keutamaan Malam Kemuliaan Lebih dari Seribu Bulan

Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu setiap umat islam. Hal ini karena ada banyak keutamaan, ada banyak pahala yang dilipatgandakan dan dosa

Net
Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar untuk Mendapatkan Keutamaan Malam Kemuliaan Lebih dari Seribu Bulan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar untuk Mendapatkan Keutamaan Seribu Bulan.

Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu setiap umat islam.

Hal ini karena ada banyak keutamaan, ada banyak pahala yang dilipatgandakan dan dosa yang diampuni.

Salah satu keistimewan lain yang ada di bulan ramadhan tersebut adalah malam lailatul qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Surat Al-Qadr (Malam Lailatul Qadar) Lengkap Bacaan Latin, Arab dan Terjemahan Indonesia

Hal ini sesuai dengan firman Allah surat Al Qadr yang termasuk surat madaniyah ayat 1-5 yang berbunyi

Surat Al Qadr

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

  1. اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ - innā anzalnāhu fī lailatil-qadr - Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.
  2. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ - wa mā adrāka mā lailatul-qadr - Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
  3. لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ - lailatul-qadri khairum min alfi syahr - Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
  4. تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ - tanazzalul-malā`ikatu war-rụḥu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amr - Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
  5. سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ - salāmun hiya ḥattā maṭla'il-fajr - Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Lalu kapankah malam lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan tersebut?

Hadis ‘Aisyah, ia berkata: Biasa Rasululah I’tikaf pada malam-malam 10 terakhir Ramadhan dan bersabda: Carilah malam lailatul qadar pada malam-l terakhir Ramadhan (HR. Aisyah RA)

Hadits lainnya menyebutkan bahwa malam lailatul Qadr jatuh pada malam ke 27 bulan ramadhan.

Ibnu Umar berkata: ada beberapa sahabat Nabi saw telah diperihatkan lailatul qadar dalam mimpi di malam 27, maka Nabi saw bersabda: aku perhatikan mimpimu bertepatan dengan malam 7 terakhir, maka siapa berusaha untuk mendapatkannya hendaknya berusaha untuk mencarinya pada malam 7 terakhir (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Walaupun malam lailatul qadr tidak dapat diketahui dengan pasti ada beberapa tanda yang dapat diamati.

Doa dan Niat Zakat Fitrah Untuk Ibu, Ayah, Diri Sendiri Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Melansir laman dalamislam.com Berikut tanda-tanda malam lailatul qadar tersebut:

  1. Bulan akan muncul dimalam ini dan nampak separuh.
  2. Malam nampak sangat terang meskipun bulan hanya nampak separuh hal ini dikarenakan pada malam lailatul qadar langit tidak tertutupi awan sedikitpun
  3. Malam tersebut biasanya akan terbawa kedalam mimpi seseorang yang mengidamkan lailatul qadr. Dalam mimpinya tersebut seseorang biasanya akan merasakan malam yang berbeda dengan malam-malam yang lain
  4. Merasakan nikmat yang lebih saat beribadah dibandingkan dengan malam lainnya. Pada malam lailatul qadar, para malaikat turun ke bumi dan mereka memberikan rahmat serta membuat umat islam yang beribadah merasa lebih tentram dan damai.
  5. Pada hari dimana malam lailatul qadr akan datang, matahari bersinar tidak terlalu panas  atau cahayanya meredup sehingga cuaca pada hari itu sangat sejuk sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW
  6. Pada malam harinya tanda yang lain adalah langit malam akan nampak bersih, dan tidak nampak awan bahkan sedikit pun, suasana malam sangat tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak juga panas. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda “Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.”
  7. Pada malam ini angin akan berhembus dengan lembut dan membawa kesejukan bagi umat manusia
  8. Tidak turun hujan pada malam lailatul qadar meskipun sedang dalam musim penghujan

Tata Cara Bayar Zakat Fitrah yang Benar : Niat Zakat Fitrah dan Orang yang Berhak Menerima

Itulah Tanda-Tanda Malam Lailatul qadar yang dapat kita amati sehingga bisa mendapatkan keutamaan seribu bulan.

Penulis: Anggraini Munanda Effani
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved