Siswa SMK PP Negeri Sembawa Praktikum dari Rumah

Setelah mengerti, memahami dan dianggap mampu pada pertemuan selanjutnya siswa melaksanakan praktikum sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

HUMAS SMK PP SEMBAWA
PRAKTIKUM - Kelas X Prodi Agribisnis Ternak Unggas selain belajar teori tetap berlangsung praktikum sesuai kompetensi dasar yang harus diperoleh. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PANGKALANBALAI - Sejak diberlakukannya SFH (Study from home) berdasarkan Surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel No: 3849/3849/Set.3/disdik.SS/2020 tentang pencegahan Corona Virus Disease (covid-19) pada Satuan Pendidikan, siswa SMK-PP Negeri Sembawa per 18 Maret 2020 sudah mengikuti pembelajaran metode daring atau kelas jarak jauh.

Begitupun untuk siswa kelas X Prodi Agribisnis Ternak Unggas SMK PP Negeri Sembawa, selain belajar teori tetap berlangsung praktikum sesuai kompetensi dasar yang harus diperoleh.

Pembuatan silase atau pengawetan hijauan pakan ternak adalah salah satu kompetensi dasar dari mata pelajaran Dasar-Dasar Pakan Ternak dimana siswa harus trampil dan dapat mengaplikasikannya. Melalui kelas jarak jauh siswa kelas X ATU yang di bimbing oleh Erra Kartika, SPt, MSi selaku pengampu mata pelajaran Dasar-dasar Pakan Ternak memberikan materi kepada siswa berupa modul pembelajaran dan di sertai video yang dapat di akses siswa melalui aplikasi You tube.

Setelah mengerti, memahami dan dianggap mampu pada pertemuan selanjutnya siswa melaksanakan praktikum sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Di rumah masing-masing siswa mengumpulkan bahan-bahan untuk praktikum pembuatan silase, bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar rumah siswa itu sendiri yaitu rumput perkarangan rumah, air gula merah, dedak dan plastik.

Praktikum dilaksanakan sesuai jadwal dirumah masing-masing. Silase yang dibuat siswa nantinya dapat di jadikan sebagai pakan ternak ruminasia atau sapi.

Siswa diminta untuk membuat video/vlog pelaksanaan praktikum sebagai bukti telah terlaksananya praktikum dan guru pengampu dapat dengan mudah mengkoreksi pekerjaan siswa tersebut. Pelaksanaan praktikum jarak jauh terbukti terlaksana dengan baik dan lancar. Kepala SMK PP Negeri Sembawa menyampaiakan bahwa
"Bukti keberhasilan belajar siswa dapat dilihat setelah siswa mampu mempraktikkan di lingkungannya masing-masing, dengan begitu setelah tamat siswa sudah mampu menjadi akademisi untuk masyarakat khususnya dibidang pertanian dan peternakan," katanya.

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved