Berita BPJS Kesehatan

Bang Jakes Ajak Peserta BPJS Kesehatan Manfaatkan Layanan Aplikasi Mobile JKN

Bang Jakes yang merupakan Maskot dari BPJS Kesehatan terlihat menemani peserta yang akan mendapatkan pelayanan

BPJS Kesehatan
Di depan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palembang hadir Abang Jaminan Kesehatan atau yang lebih di kenal dengan bang Jakes menemani physical distancing peserta. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Untuk mengurangi antrean peserta, BPJS Kesehatan Cabang Palembang telah menerapkan pembatasan fisik layanan peserta JKN-KIS.

Peserta yang hendak mengurus JKN-KIS lebih diarahkan untuk menggunakan layanan elektronik. 

Di depan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palembang hadir Abang Jaminan Kesehatan atau yang lebih di kenal dengan bang Jakes menemani physical distancing peserta.

Bang Jakes yang merupakan Maskot dari BPJS Kesehatan terlihat menemani peserta yang akan mendapatkan pelayanan.

Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik Hendra Kurniawan mengemukakan, Bang Jakes dilibatkan untuk memberikan pengertian kepada peserta dalam rangka physical distancing atau
pembatasan fisik.

Sebaiknya peserta menggunakan aplikasi Mobile JKN yang dapat dengan mudah diunduh di aplikasi Playstore.

Lebih lanjut Hendra menambahkan, BPJS Kesehatan Cabang Palembang per Maret 2020 telah menerapkan pembatasan pelayanan kepada peserta dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19
melalui kontak langsung.

Pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan terbatas pada pelayanan bagi peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran), meliputi perubahan data peserta PBI (identitas, FKTP, dan pendaftaran bayi baru lahir) dan Pengaduan yang membutuhkan penyelesaian segera.

Sementara untuk pelayanan administrasi bagi peserta Non PBI
dialihkan ke kanal layanan lainnya meliputi Pendaftaran peserta PBPU dan BP dialihkan melalui Aplikasi

Mobile JKN, Penambahan anggota keluarga PBPU dan BP dialihkan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Perubahan Data Peserta (NIK, Nama dan tempat tanggal lahir) dialihkan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400,

Perubahan kelas rawat peserta PBPU dan BP dan Perubahan Data Peserta (alamat domisili, nomor handphone, alamat email dan FKTP) dilakukan melalui BPJS Care Center dan aplikasi Mobile JKN, untuk Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) dialihkan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400, aplikasi Mobile JKN dan Aplikasi SIPP (Menu “Hubungi Kami” di website dan PIPP Rumah Sakit).

Jika memang harus melalui kontak langsung dengan petugas, maka security akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, skrining apakah ada riwayat berkontak dengan ODP dan PDP serta apakah 14 hari lalu ada melakukan perjalanan dari zona merah atau luar negeri dan peserta yang memasuki ruang pelayanan diwajibkan mencuci tangan dengan hand sinitizer.

Ricky Kurniawan, yang merupakan salah seorang peserta JKN-KIS akan mengurus administrasi JKN-KIS mengaku cukup terhibur dengan adanya Maskot Bang Jakes dan telah mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk kemudahan pelayanan.

Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu kami dalam pengurusan administrasi pelayanan apalagi pada seperti saat Covid sekarang.

Kami dapat mengubah Fasilitas Kesehatan dan melakukan pendaftaran di Faskes cukup dengan Mobile JKN," tutup Ricky. (rel)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved