Ibunya Harus Kenyang Dulu, Berikut Cara Menghadapi Anak yang Tidak Mau Makan

"Browsing aja sudah banyak ide-ide masakan yang simple tapi sehat misalnya berwarna mencolok ya bahanna bisa dari buah atau sayur yang berwarna," ujar

Tangkap layar YouTube Tribun SUmsel/TRIBUNSUMSEL.COM/MELISA WULANDARI
Rika dan kedua anaknya yang melalukan video conference bersama host Sumsel Virtual Fest 2020 Sadam Husein melalui Zoom Cloud Meeting yang disiarkan secara langsung melalui akun Youtube Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menghadapi anak bawah lima tahun (Balita), anak dibawah 3 tahun (Batita) yang sering kali pilih-pilih makanan ini membuat ibu-ibu kebingungan.

Apalagi anak anak yang tidak suka makan sayur dan buah, para ibu harus berpikir keras bagaimana sang anak mau makan sayur dan buah.

Ketua umum komunitas baby Palembang, Rika Octalisa mengatakan saat menghadapi anak yang tidak mau makan adalah dengan cara ibunya harus kenyang terlebih dahulu.

"Ibunya harus kenyang dulu karena mood anak tergantung mood ibunya, kalau ibunya kasih makan sambil marah-marah anaknya bakal melakukan penolakan," jelas ibu dari dua orang anak ini.

Lalu setelah itu pilih jenis makanan yang menarik buat anak.

"Browsing aja sudah banyak ide-ide masakan yang simple tapi sehat misalnya berwarna mencolok ya bahanna bisa dari buah atau sayur yang berwarna," ujarnya.

"Buat tampilan yang menarik, terus jangan sampai buat makanan yang rasanya hambar. Jadi rasa yang enak tidak hambar, jangan lupa ciptakan suasana makan yang menyenangkan," jelasnya.

Dibuat seperti piknik atau makan sambil bermain. "Nah terakhir kalau anak tidak mau makan, ya sudah tidak perlu dipaksa karena nanti mereka akan mengenal rasa lapar," katanya.

"Kalau lapar pasti minta makan. Ketika anak minta makan sigap menyediakan makanan apa yang mereka suka lalu selingi dengan makanan yang sudah disiapkan ibu sebagai pelengkap," ujarnya. (Elm)

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved