Antisipasi Virus Corona

Antisipasi Corona, Objek Wisata Alam Bukit Sulap Lubuklinggau Ditutup Sementara

Menurut Hendri, penutupan tersebut sesuai petunjuk Menteri LHK yakni E.1/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2020 tanggal 15 Maret 2020

Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Makin meluasnya penyebaran virus corona membuat Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) menutup sementara kunjungan ke wisata Alam Bukit Sulap di Lubuklinggau. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Makin meluasnya penyebaran virus corona membuat Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) menutup sementara kunjungan ke wisata Alam Bukit Sulap di Lubuklinggau.

Kepala TNKS Wilayah 5 Sumsel Hendrimon, membenarkan adanya penutupan sementara tersebut.

Ia mengatakan berbagai kegiatan dan kunjungan ke objek Wisata Alam Bukit Sulap ditutup.

"Untuk sementara memang ditutup kita sudah koordinasi dengan PT Linggau Bisa selaku pemegang izin usaha dan mereka sudah oke," kata Hendri saat dihubungi Tribunsumsel.com, Selasa (17/3/2020).

Menurut Hendri, penutupan tersebut sesuai petunjuk Menteri LHK yakni SE.1/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2020 tanggal 15 Maret 2020.

Mendagri Tito Karnavian Temui Anies Baswedan Bahas Lockdown, Ini 7 Pertimbangan yang Diperhatikan

Kemudian ditindak lanjuti dengan surat edaran nomor: T.1/BIDTEK/KSA/3/2020 Tentang Penutupan Kawasan Wisata Alam Wilayah TNKS yang ditandatangani langsung Kepala Balai Tamen Sitorus.

"Kawasan Wisata Alam Bukit Sulap ini di tutup sementara dari 17 hingga 29 Maret 2020. Jadi selama penutupan tidak diperbolehkan ada aktivitas apa pun," ungkapnya.

Hendri pun mengaku, alasan penutupan objek Wisata Alam Bukit Sulap tersebut karena berkaitan dengan isu corona, sebab daerah wisata sangat rentan, salah satu poinnya yakni harus jaga jarak.

"Jadi tempat wisata itu kita disuruh jaga jarak. Kita juga tidak ada alat pemantauan suhu tubuh pengunjung, jadi ini bentuk pencegahan dilakukan penutupan aalaupun tempat kita belum ada temuan," ujarnya.

Untuk itu, sebagai bentuk pengawasan dilapangan atas keluarnya surat edaran itu. Kedepan pihaknya akan menyiagakan petugas untuk melakukan pemantauan.

Viral Video 49 Warga China Masuk Kendari, Imigrasi Tegaskan Itu Tidak Melanggar

"Yang kita tutup yakni pintu gerbang menuju TNKS, sementara untuk wilayah kaki bukit Sulap kemenangan PT Linggau bisa. Jadi semua aktifitas di TNKS di tutup, termasuk tiket tidak boleh dipungut lagi," paparnya.

Selain itu, selain Wisata Bukit Sulap, Taman Nasional dan Wisata Alam lain seperti Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Danau Kaco, Bukit Tapan, Danau Bontak dan Bumi Perkemahan Madapi juga ikut ditutup sementara.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved