Breaking News:

Wagub Sumsel, Mawardi Minta MUI Sosialisasikan Toleransi

Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya minta MUI Sumsel terus menyosialisasikan pentingnya toleransi kepada masyarakat.

DOK. HUMAS PEMPROV SUMSEL
Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya bersalaman dengan Ketua MUI Sumsel Prof Dr Aflatun Muchtar saat betemu dalam audiensi, Senin (24/2/2020), sehubungan dengan rencana mengikuti Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke VIII Tahun 2020 di Bangka Belitung. 

Wagub Sumsel, Mawardi Minta MUI Sosialisasikan Toleransi

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) memang sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan silahturahmi antarumat beragama.

Karena itu, Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya minta MUI Sumsel terus menyosialisasikan pentingnya toleransi kepada masyarakat.

“Salah satu tugas MUI Sumsel ini adalah membatu menjaga silahturahmi di Sumsel ini agar tetap rukun, terutama sesama muslim sendiri,” kata Mawardi, Senin (24/2/2020), saat menerima Dewan Pimpinan MUI Sumsel yang audiensi sehubungan dengan rencana mengikuti Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke VIII Tahun 2020 di Bangka Belitung.

Menurut Mawardi, terpecah belahnya persatuan disebabkan karena tidak adanya toleransi antar sesama.

“Yang memutuskan silahturahmi itu adalah kurangnya toleransi. Kami minta agar MUI Sumsel ini terus meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arti penting toleransi. Mungkin bisa dilakukan melalui berbagai kesempatan seperti pengajian, seminar maupun sosialisasi langsung,” tegasnya.

Bahkan, Mawardi berharap, persoalan toleransi antar umat beragama dapat dibawa KUII Ke VIII Tahun 2020 di Bangka Belitung tersebut untuk dapat dijadikan bahan pembahasan.

“Toleransi ini harus terus dijaga. Mungkin bahasan soal toleransi ini dapat dibawa ke KUII di Bangka nanti sehingga persatuan baik sesama muslim maupun agama lain tetap sebagaimana mestinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua MUI Sumsel Prof Dr Aflatun Muchtar mengatakan, jika pihaknya tentu akan membantu pemerintah dalam menjaga kerukunan khususnya di Sumsel.

“Peran kami memang untuk melayani umat dan masyarakat. Tentu kami akan mendukung serta membantu pemerintah dalam menjaga toleransi antar masyarakat di Sumsel ini sehingga Sumsel kerukunan di Sumsel tetap terjaga,” tuturnya.

Dia juga memastikan, jika pihaknya juga akan mendukung seluruh program yang saat ini sudah dicanangkan Pemprov Sumsel.

“Semua program tentu kami dukung asalkan untuk mensejahterakan masyarakat. Termasuk program rumah tahfidz yang menurut kami sangat luar biasa,” katanya. (mg3-sp/rel)

Editor: Eko Adia Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved