Solusi Mudah Untuk Mobil Matic yang Akinya Soak

Aki atau baterai memiliki fungsi yang krusial yaitu sebagai penyuplai listrik, khususnya bagi mobil yang bertransmisi otomatis.

Solusi Mudah Untuk Mobil Matic yang Akinya Soak
Kompas.com
Aki atau baterai memiliki fungsi yang krusial yaitu sebagai penyuplai listrik, khususnya bagi mobil yang bertransmisi otomatis. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Aki atau baterai memiliki fungsi yang krusial yaitu sebagai penyuplai listrik, khususnya bagi mobil yang bertransmisi otomatis.

Memperhatikan masa pakai aki merupakan hal yang harus dilakukan setiap pengendara, mengingat tidak sedikit kasus mobil mogok karena aki yang soak.

Suprana Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan ketika aki mobil soak idealnya adalah mengganti dengan yang baru.

Namun apabila darurat dan belum sempat diganti, bisa diakali memancing kendaraan dengan baterai lainnya, atau biasa disebut jumper.

“Proses jumper ini memang bisa dilakukan, namun tidak selalu berhasil. Kadangkala aki bisa terisi lagi, kadang hanya menyala saja tapi akan tekor kembali setelah dimatikan,” ujar Suparna kepada Kompas.com, Senin (27/01/2020)

Bila mobil tidak mau menyala, Suparna menyarankan sebaiknya segera memanggil teknisi untuk mengganti aki dengan yang baru.

Untuk mobil transmisi matik, tidak ada cara selain mengganti dengan aki baru, apabila dengan cara di jumper ternyata aki tidak bisa terisi. 

Suparna menjelaskan, kalau mobil transmisi matik tidak ada cara lain, yakni harus mengganti aki.

"Tidak mungkin dilakukan teknik mendorong seperti mobil manual bila aki tekor. Mobil matik ya harus ganti aki, kalau sudah tidak bisa dijumper,” ujar Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 

Editor: Siemen Martin
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved