Breaking News:

Pakai APBD, Pemerintah Jatim Bangun Museum HAM Munir Habiskan Anggaran Rp 10 Miliar

Museum HAM pertama dan satu-satunya di Indonesia itu akan dibangun di dengan total anggaran mencapai Rp 10 miliar yang berasal dari Anggaran APBD

Editor: Siemen Martin
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Pegiat HAM mendesak penegak hukum untuk membuka kembali kasus Munir untuk menjerat dan menghukum auktor intelektualis di balik pembunuhan Munir. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Indonesia akan memiliki museum HAM.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meletakkan batu pertama pembangunan Museum Hak Asasi Manusia (HAM) Munir di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Minggu (8/12/2019).

Rencananya, Museum HAM pertama dan satu-satunya di Indonesia itu akan dibangun di dengan total anggaran mencapai Rp 10 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dulu Dibuang Begitu Saja, Begini Reaksi Sang Ibu Saat Tahu Anak Kini Jadi Selebriti, Balasan Anak

Viral Video Betrand Peto Sentuh Dada Sarwendah Tuai Reaksi Fans, Ini Sikap Ruben Onsu ke Anak Angkat

Khofifah mengatakan, awalnya dirinya mengaggarkan sebesar Rp 5,2 miliar.

Namun, anggaran itu diprediksi akan kurang untuk memenuhi seluruh pembangunan museum yang direncanakan akan dibangun dengan tiga lantai.

"Tapi yang sudah sampai ke Pemprov, sudah sampai dan selesai sudah dibahas dengan DPRD, sudah diputus tanggal 22 November lalu, 5 (Rp 5 milliar)," ujar Khofifah.

"Ternyata ada pengembangan peruntukkan sampai 10 (Rp 10 miliar), tadi dipresentasikan. Saya baru dapat kabar ternyata ada beberapa maksimalisasi ruang dan seterusnya. Ya nanti kita bahas kurangnya," lanjut dia.

Terkait dengan pengelolaannya, Khofifah menyerahkannya kepada Yayasan Museum HAM Omah Munir.

"Ada usulan tadi dari mbak Suci (Suciwati, istri Munir) supaya bisa menjadi BLU (Badan Layanan Umum). Karena ini kan tanahnya Pemkot, pembangunan oleh Pemprov.

Tetapi ini kan ada penyelenggara. Yayasan Museum HAM Omah Munir, jadi yang nanti bisa memaksimalkan fungsionalisasi dari Museum HAM Omah Munir," lanjut dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved