Dana CSR di Muaraenim Capai Rp 89,99 Miliar dari 17 Perusahaan

Realisasi dana CSR di Kabupaten Muaraenim semester I tahun 2019 mencapai Rp 49, 69 miliar dari 14 perusahaan yang melaporkan.

Dana CSR di  Muaraenim Capai Rp 89,99 Miliar dari 17 Perusahaan
HUMAS PEMKAB MUBA
Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Muaraenim,Panca Surya Diharta menyerahkan award kepada terbaik I dari PTBA Tbk yang diterima oleh Dirum PTBA yang diwakili oleh SM CSR, Suwarto. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM- Realisasi dana CSR di Kabupaten Muaraenim semester I tahun 2019 mencapai Rp 49, 69 miliar dari 14 perusahaan yang melaporkan.  Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Forum CSR Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (CSR-PKBL) Kabupaten Muaraenim, Selasa, (26/9/2019).

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Muaraenim, Ramlan Suryadi melalui Ketua Panitia Kegiatan yang juga menjabat sebagai Kabid Ekonomi SDA dan Pendanaan Bappeda Muaraenim, Oktafian Muharsyah bahwa rapat tersebut digelar sebagai wadah yang mempersatukan berbagai pemangku kepentingan untuk berkomunikasi, berkonsultasi, dan bertindak bersama-sama secara berkelanjutan dalam pengembangan dan pengelolaan CSR-PKBL agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan daerah.

"Tujuan pelaksanaan forum CSR-PKBL untuk memberikan kesempatan pada semua pemangku kepentingan untuk berperan secara optimal, dalam pengembangan dan pengelolaan CSR-PKBL serta menyelaras, mensinergikan dan memberikan masukan serta upaya perbaikan dalam pengembangan dan pengelolaan program CSR-PKBL Kabupaten Muaraenim," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan hasil rekapitulasi hasil laporan kegiatan yang diterima Sekretariat Forum CSR-PKBL Kabupaten Muaraenim.

"Realisasi dana program CSR-PKBL dari dunia usaha untuk tahun 2019 sampai dengan semester I mencapai dari Rp 49,69 miliar dari 14 perusahaan yang melapor, sedangkan pada tahun 2018 sebesar Rp 89,99 miliar dari 17 perusahaan yang melapor," ungkapnya.

Ia menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Pemkab Muaraenim dan pelaku dunia usaha dalam pelaksanaan percepatan pembangunan di Kabupaten Muaraenim.

"Melalui Forum ini kami harapkan ke depan dapat lebih ditingkatkan lagi, selain itu melalui forum ini, diharapkan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kabupaten Muaraenim tahun 2019 yang tidak dapat dibiayai oleh APBD Kabupaten Muaraenim agar RKPD Non APBD tersebut dapat diserap sebagai kegiatan CSR-BKPL BUMN/BUMD/BUMS di wilayah kerja masing-masing," jelasnya.

Di lain pihak, Plt Bupati Muaraenim melalui staf ahli Kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya Diharta mengapresiasi adanya kegiatan tersebut.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi antara Pemkab Muaraenim dengan pemangku kepentingan sehingga dapat berdampak dengan meningkatnya pembangunan di Kabupaten Muaraenim," katanya.

Ia juga mengatakan CSR tidak hanya dimaknai sebagai menyisihkan sebagian keuntungan bagi kepentingan pembangunan dan lingkungan secara berkelanjutan, akan tetapi CSR merupakan suatu komitmen dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat luas.

"Dalam kesempatan ini juga kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya, kepada dunia usaha yang telah berperan aktif dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Muaraenim melalui program CSR atau tanggung jawab sosial perusahaannya," katanya.

Ia berharap seluruh dunia usaha yang tergabung dalam Forum CSR-PKBL Kabupaten Muaraenim, lebih berperan aktif dan meningkatkan kontribusi dalam upaya mendukung pembangunan daerah serta dalam pencapaian visi dan misi Kabupaten Muaraenim.

Dalam kegiatan itu juga diberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan yang telah berperan aktif dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Muaraenim melalui program CSR di antaranya untuk Kategori terbaik I diraih oleh PTBA , Terbaik II diraih oleh PT Medco Lematang dan terbaik III diraih oleh PT Pertamina Asset 2 Field Limau.(rel)

Tags
CSR
Editor: Ray Hapyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved