2.179 ruang kelas SD dan SMP di Muaraenim Rusak

Sebanyak 2.179 ruang kelas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Muaraenim mengalami rusak

2.179 ruang kelas SD dan SMP di Muaraenim Rusak
TRIBUNSUMSEL
Atap ruang kelas di SMPN 1 Lubai Kecamatan Lubai Kabupaten Muaraenim yang mengalami rusak ringan dan membutuhkan perbaikan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Sebanyak 2.179 ruang kelas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Muaraenim mengalami rusak dan membutuhkan perbaikan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaraenim melalui Kasubag Perencanaan, Yoan Nopriansyah saat ditemui Tribunsumsel.com, Selasa, (12/11/2019).

" Untuk ruang kelas yang rusak itu ada tiga kategori yakni rusak ringan, sedang dan berat," katanya.

Untuk kategori SD yang mengalami rusak ringan tercatat sebanyak 1.432 ruang kelas, untuk rusak sedang ada 101 ruang, dan yang rusak berat ada 69 ruang kelas.

" Sementara untuk SMP yang ruang kelasnya rusak ringan ada sebanyak 443, rusak sedang sebanyak 55 dan rusak berat ada sebanyak 79 ruang kelas," terangnya.

Sebagian besar kerusakan tersebut disebabkan oleh faktor usia bangunan yang memang sudah membutuhkan perbaikan.

" 2019 ini sudah ada yang kita lakukan perbaikan, baik yang melalui dana APBN maupun APBD, memang tidak secara keseluruhan,namun secara bertahap," katanya.

Jumlah SD yang ada di Muaraenim saat ini tercatat sebanyak 362 sedangkan untuk SMP sebanyak 104.

" Untuk memantau ruang kelas yang rusak, kita ada tim tersendiri namun ada juga yang kita ketahui dari laporan pihak sekolah, ada juga dari hasil reses anggota DPRD, dan setelah menerima laporan, kemudian tim kita akan langsung turun untuk mengecek kebenaran dari laporan tersebut, dan jika benar maka itu akan kita usulkan dalam musrenbang untuk dilakukan perbaikan," katanya. (ika anggraini)

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Ray Hapyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved