Pilkada Serentak Sumsel 2020

Bawaslu Sumsel Awasi Ketat ASN Terlibat Politik Praktis di Pilkada Serentak 2020

Pelanggaran ASN ini cukup tinggi saat Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019 lalu, bahwasnya mereka dimedsos melakukan dukung- dukungan ke paslon

Bawaslu Sumsel Awasi Ketat ASN Terlibat Politik Praktis di Pilkada Serentak 2020
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Ketua Bawaslu Sumsel sekaligus Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi pesta demokrasi Pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak di Sumsel tahun 2020.

Apalagi bupati maupun wakil Bupati akan kembali mencalonkan diri sebagai peserta Pilkada.

Ketua Bawaslu Sumsel sekaligus Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto, mengatakan pihaknya akan berupaya maksimal sebagai wasit yang baik nantinya.

"Bawaslu tentu akan lebih cermat, siap, sigap, agar semuanya bisa berjalan sesuai aturan, mengingat konflik kepentingan akan sangat terasa kembali dalam Pilkada, dan kita harus bisa menjadi wasit yang baik," kata Iin.

Menurut Iin, beberapa masalah dan kerawanan selalu ada yaitu DPT (Daftar Pemilih Tetap), yang akan jadi prioritas pihaknya juga.

Dimana masyarakat yang berhak memilih terkadang tidak terdaftar di DPT.

"Kemudian terkait logistik, kita tidak ingin mengulang lagi logistik terlambat atau tertukar. Kita akan instruksikan Bawaslu kabupaten yang melaksanakan Pilkada untuk melakukan pengawasan melekat, sejak pencetakan hingga pendistribusian hingga TPS," ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga akan mengawasi para ASN (Aparatur Sipil Negara), yang kadang ikut berpolitik praktis atas desakan pemimpinnya (kepala daerah)

"Pelanggaran ASN ini cukup tinggi saat Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019 lalu, bahwasnya mereka dimedsos melakukan dukung- dukungan ke paslon ataupun wakil rakyat," capnya.

Dengan para petahana yang akan kembali bertarung, diungkapkan Iin peluang mobilisasi pengerahan ASN untuk terlibat politik praktis akan semakin tinggi, dan akan jadi perhatian jajarannya.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved