Ketua dan Komisioner KPU Sumsel Dapat Sanksi dari DKPP RI, Perkara Pengaduan PKS

Teradu pada perkara tersebut adalah Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan, yakni Kelly Mariana, Hendri Daya Putra, Amrah Muslimin, Hepriyad

Ketua dan Komisioner KPU Sumsel Dapat Sanksi dari DKPP RI, Perkara Pengaduan PKS
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, memberikan sanksi peringatan atas pelanggaran kode etik Ketua dan 4 komisioner KPU Sumsel, sesuai perkara, nomor 170-PKE-DKPP/VIII/2019.

Teradu pada perkara tersebut adalah Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan, yakni Kelly Mariana, Hendri Daya Putra, Amrah Muslimin, Hepriyadi, dan Hendri Almawijaya.

Sedangkan pengadu dalam hal ini adalah Partai Keadilan Sejahterah (PKS).

Berdasarkan dalil aduan pengadu, para teradu diduga melanggar kode etik penyelenggara pemilu, lantaran telah melakukan perubahan data Pemilu 2019.

Kemudian, dalil aduan lainnya diduga menjadi pembackup atas konspirasi rekayasa perubahan data perolehan suara, sehingga kader PKS yang berhak terpilih ternyata gagal.

"Mengabulkan pengaduan pengadu untuk sebagian, dan menjatuhkan sanksi peringatan kepada teradu," kata ketua DKPP RI Harjono dalam siaran persnya, Kamis (7/11/2019).

Selain itu, DKPP juga memerintahkan KPU RI, untuk melaksanakan putusan ini paling lama tujuh hari sejak putusan ini dibacakan dan memerintahkan Bawaslu RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini.

Para teradu (KPU Sumsel) dikatakan teradu sebelumnya, jika Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan
pada tanggal 8 Mei 2019 mengambil alih proses rekapitulasi tingkat Kabupaten Empat Lawang tidak sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku.

Tindakan pengambilalihan oleh para teradu, tidak disertai Berita Acara Serah Terima berkas rekapitulasi perhitungan suara, yang sebelumnya telah dilakukan KPU Kabupaten Empat Lawang.

Hal tersebut menimbulkan ketidakpastian hukum terhadap hasil
rekapitulasi terhadap 8 (delapan) kecamatan, yang sebelumnya telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Empat Lawang.

Halaman
123
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved