Kisah UMKM Palembang Mendulang Untung di e-Commerce, Pasar Produk Tanpa Batas

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan internet, berdampak besar terhadap bisnis yang ada di Indonesia.

Kisah UMKM Palembang Mendulang Untung di e-Commerce, Pasar Produk Tanpa Batas
LINDA TRISNAWATI/TRIBUNSUMSEL.COM
Natalia atau yang sering disapa Nana pengusaha handmade yang ada di Palembang dan tergabung di Blibli.com dengan nama Magic Craft. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan internet, berdampak besar terhadap bisnis yang ada di Indonesia.

Sebab saat ini proses jual beli jadi lebih praktis dan mudah, tanpa harus bertemu secara langsung melainkan melalui internet atau yang biasa disebut electronic commerce (e-commerce).

Di Indonesia sudah banyak e-commerce yang bermunculan salah satunya Blibli.com. Dengan adanya e-commerce ini dinilai juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Dengan adanya e-commerce tentu berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi," kata Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan Ernila Rizar, Senin (28/10/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, apalagi untuk industri kecil menengah (IKM) di Sumsel ini cukup banyak. Berdasarkan data yang ada hingga tahun 2018 jumlahnya mencapai 65.682 unit usaha dan dapat menyerap tenaga kerja dengan total 216.824 orang.

"Para IKM ini juga sudah sering kita berikan sosialisasi tentang e-commerce, sehingga sebagian besar sudah menggunakan media online untuk pemasarannya. Bakan parah IKM kita juga ada yang bekerjasama dengan Blibli.com," kata Ernila.

Menurutnya, pergerakan jual beli dengan media online sudah sangat intens, sehingga dampaknya meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu Natalia atau yang sering disapa Nana pengusaha handmade yang ada di Palembang dan tergabung di Blibli.com dengan nama Magic Craft mengatakan, mari menjadi besar dan terkemuka bersama Blibli.com.

"Saya sudah merasakannya, karena dengan bergabung di e-commerce seperti Blibli.com tentu pemasaran kita bisa sampai ke berbagai daerah. Jadi pangsa pasarnya lebih luas dan juga bisa meningkatkan penghasilan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved