Sekda Sumsel H Nasrun Umar Tegaskan Legislatif Merupakan Mitra Sejajar Eksekutif

Oleh karena itu, para Anggota DPRD berhak meningkatkan kapabilitas dan kualitasnya melalui kegiatan-kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis.

Sekda Sumsel H Nasrun Umar Tegaskan Legislatif Merupakan Mitra Sejajar Eksekutif
HUMAS PEMPROV SUMSEL
PENGANGKATAN PIMPINAN DPRD PALEMBANG - Sekda Sumsel H Nasrun Umar menghadiri Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kota Palembang, Selasa (8/10/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Nasrun Umar menghadiri Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang masa jabatan 2019-2024 yang bertempat di Kantor DPRD Kota Palembang, Selasa (8/10).

Peresmian ini ditandai dengan pengambilan Sumpah Pimpinan Defenitif DPRD Kota Palembang Masa Jabatan 2019-2024, dengan keputusan Gubernur Sumsel Nomor 558/KPTS/I/2019 tanggal 3 Oktober 2019. Adapun Ketua DPRD Kota Palembang resmi dijabat oleh Zainal Abidin, S.H. Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Resmi diduduki oleh Ir. Sri Wahyuni, H.M Ali Sya’ban, Azhari Harris S. I. Kom.

Dalam kata sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan, pelaksanaan fungsi-fungsi beserta hak, tugas, dan wewenang Pimpinan DPRD secara efektif hanya dapat dilakukan jika mendapatkan dukungan seluruh para anggotanya yang mempunyai tingkat kualitas tinggi.

Tidak cukup hanya berbekal pengalaman di bidang sosial kemasyarakatan dan politik praktis, melainkan juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan substansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggung jawab.

"Oleh karena itu, para Anggota DPRD berhak meningkatkan kapabilitas dan kualitasnya melalui kegiatan-kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis. Namun perlu diingat bahwa secara pelaksanaannya dilakukan secara proporsional dan berbasis pada peningkatan haid skill maupun soft skill," ungkap Sekda Sumsel H Nasrun Umar.

Nasrun menuturkan dalam rangka untuk dinamisasi pelaksanaan tugas dan fungsi berkesinambungan maka perlu bijak dalam mengelola dan mendayagunakan sumber daya alam, pertambangan dan energi dengan tepat dan terarah untuk kepentingan masyarakat luas serta menfasilitasi peningkatan SDM yang kreatif, sehat, produktif, inovatif melalui jalur pendidikan formal dan non formal.

"Bersama pihak-pihak terkait membangun industri pengolahan dan manufaktur yang berdaya saing global dengan menciptakan nilai tambah potensial yang proporsional dengan memperkokoh kemitraan hulu-hilir, serta industri rumahan lainnya," tuturnya.

Ia juga mengimbau, DPRD Kota Palembang harus sigap dan tanggap dalam mencermati berbagai permasalahan yang terjadi dan segera menindaklanjutinya sesuai tingkatan permasalahan, dimana tidak menyimpang dari peraturan dan selalu berpedoman pada hukum yang menjadi dasar dalam menentukan keputusan.

"Saya berharap hubungan sinergis yang telah terjalin dengan baik selama ini antara DPRD dan Pemerintah Kota Palembang dalam sebagai kapasitas sebagai mitra sejajar, akan dapat ditingkatkan secara berkelanjutan," pungkasnya. (rel humas)

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved