Inilah Tuntutan Lengkap Driver Gojek, Ini Jawaban Pihak Gojek Atas Tuntutan Itu

Ratusan driver gojek yang berdemo sempat mengancam akan menyegel kantor PT Gojek Indonesia (GI) cabang Palembang, Selasa (8/10/2019).

Inilah Tuntutan Lengkap Driver Gojek, Ini Jawaban Pihak Gojek Atas Tuntutan Itu
SHINTA ANGRAINI/TRIBUNSUMSEL.COM
District Operational Manager PT GOJEK Palembang David Riston didampingi Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah saat menemui driver gocar yang berdemo, Selasa (8/10/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ratusan driver gojek yang berdemo sempat mengancam akan menyegel kantor PT Gojek Indonesia (GI) cabang Palembang, Selasa (8/10/2019).

Seruan keras itu disuarakan sebagai bentuk kekecewaan driver gojek atas kebijakan PT GI cabang Palembang yang memangkas 50 persen Insentif mitranya.

Dari sebelumnya Rp 300 ribu menjadi Rp 150 ribu yang telah berlaku sejak 7 Oktober 2019.

"Tidak ada cara lain selain menyegel kantor gojek. Sebab jalur mediasi dan upaya penolakan kami melalui demo sebelumnya sama sekali tidak digubris oleh pihak PT GI Palembang," ujar ketua Asosiasi Driver Online (ADO) Sumsel, Muhammad Arfan.

Melalui wadah gerakan driver Online (gedor) gabungan dari seluruh komunitas driver gocar Sumsel, menyampaikan keberatannya atas kebijakan itu.

Lebih lanjut Arfan mengatakan, ada tiga poin keberatan yang mereka sampaikan.

"Pertama kami minta prikemanusian dari aplikator. Kedua kami ingin meminta hak status sebagai mitra, serta yang ketiga bahwa segala hal yang dilakukan oleh PT GI cabang Palembang tidak sesuai dengan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk itu kami sangat menginginkan keadilan," tegasnya.

Tak hanya pemotongan insentif sebesar 50 persen yang dirasa memberatkan, ada hal lain yang dirasa merugikan.

Seperti pemotongan sebesar 20 persen dari pendapatan driver setiap harinya. Serta potongan sebesar Rp 2 ribu bagi setiap penumpang yang dikatakan sebagai biaya asuransi.

Terkait potongan sebesar Rp 2 ribu ke penumpang, Arfan mengatakan pihaknya sudah mengajukan keberatan melalui surat yang disampaikan ke kantor PT GI cabang Palembang.

Halaman
123
Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved