36 CPNS Muaraenim Ikut Pelatihan Dasar

CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses Diklat Terintegrasi

36 CPNS Muaraenim Ikut Pelatihan Dasar
TRIBUNSUMSEL.COM/IKA ANGGRAENI
Sebanyak 36 orang CPNS Kabupaten Muaraenim golongan III mengikuti Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Formasi Umum Angkatan ke 52 Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019 di Gedung Diklat Kabupaten Muaraenim, Senin, (30/9/2019). 

36 CPNS Muaraenim Ikut Pelatihan Dasar

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Sebanyak 36 orang CPNS Kabupaten Muaraenim golongan III mengikuti Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Formasi Umum Angkatan ke 52 Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019 di Gedung Diklat Kabupaten Muaraenim, Senin, (30/9/2019).

"Ada tenaga guru 25 orang, tenaga kesehatan 5 orang, dan tenaga teknis 6 orang," kata Kabid Pengembangan Kompetisisi Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Erlandi SIP MM.

"Untuk diangkat menjadi CPNS telah melalui proses yang panjang. Karena itu, untuk mendapatkan perubahan status dari Calon PNS menjadi PNS memerlukan beberapa tahapan lagi, pertama mengikuti Pelatihan Dasar CPNS," jelasnya.

Kemudian, setelah lulus yang dibuktikan dengan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP), barulah CPNS tersebut harus melengkapi pemberkasan untuk proses pengangkatan menjadi PNS.

"Dalam proses ini tentu akan dilakukan seleksi administrasi dan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa diklat ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) dan merujuk Pasal 63 ayat (3) dan ayat (4) UU ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PP tentang Manajemen PNS).

"CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses Diklat Terintegrasi, dimana diklat ini bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang," katanya.

Ditambahkan, Pelatihan Dasar CPNS yang diangkat dari Formasi Umum sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 tahun 2018 dilaksanakan selama selama 18 hari, kemudian off Campus selama 30 hari kerja untuk habituasi dan mengaktualisasikan rancangan yang telah dibuat pada seminar proposal.

"Setelah itu akan kembaIi ke kelas (on campus) selama tiga hari untuk menyajikan apa yang telah dilaksanakan pada saat habituasi," katanya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Eko Adia Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved