Dampak Kabut Asap, Satu Pesawat Delay, BMKG Prakirakan Hujan Terjadi Tanggal 23-24 Mendatang

Angin permukaan yang tercatat di BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang umumnya dari arah Timur – Tenggara dengan kecepatan 4-20 Knot (7-36 Km/Jam)

Dampak Kabut Asap, Satu Pesawat Delay, BMKG Prakirakan Hujan Terjadi Tanggal 23-24 Mendatang
SRIWIJAYA POST/Syahrul Hidayat
Kabut Asap Melanda Palembang, Dalam Kategori Tidak Sehat, Ini Himbauan BMKG 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Angin permukaan yang tercatat di BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang umumnya dari arah Timur – Tenggara dengan kecepatan 4-20 Knot (7-36 Km/Jam) mengakibatkan potensi masuknya asap akibat Karhutbunla ke wilayah Kota Palembang dan sekitarnya.

Sumber dari LAPAN Tanggal 21 September 2019 tercatat beberapa titik panas di wilayah sebelah Timur - Selatan Kota Palembang dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen yang berkontribusi asap ke wilayah Kota Palembang yakni pada wilayah SP Padang, Banyu Asin I, Pampangan, SP Padang, Pedamaran, Tulung Selapan, Cengal, Pematang Panggang, dan Mesuji.

Intensitas Asap (Smoke) umumnya meningkat terjadi pada dini hari menjelang pagi hari (01.00-07.00 WIB) dan pada sore hari (17.00-19.00 WIB) ini dikarenakan labilitas udara yang stabil pada saat tersebut.

Seperti halnya hari ini (Sabtu pagi), akibatnya mengganggu jarak pandang. Tercatat di Bandara SMB II berkisar 700-900 meter dengan Kelembapan 92-94 persen disertai keadaan cuaca Asap (Smoke) yang berdampak 1 (satu) penerbangan mengalami delay.

Yang terkena delay adalah Maskapai Garuda.

Sementara itu, berdasarkan model prakiraan cuaca BMKG akan ada potensi hujan dalam rentang waktu 23-24 September 2019 di wilayah Sumatera Selatan.

"Dari persentase tanggal (23/9) peluang hujan mencapai 20-40 persen untuk Sumsel bagian tengah-timur dan 40-80 persen untuk barat," terang Bambang Beny Setiaji selaku Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

"Sedangkan pada tanggal (24/9) peluang hujan 40-80 persen untuk seluruh wilayah Sumsel serta peluang hujan minimal 10 mm," jelasnya

Penulis: Irkandi Gandi Pratama
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved