Satlantas Polres Empat Lawang Berikan Pemahaman dan Panggil Ortu Anak Bagi Pengendara di Bawah Umur

Tidak hanya memberikan sanksi tilang kepada pelanggar lalu lintas, Satlantas Polres Empatlawang juga memberikan teguran kepada pengendara yang dinilai

Satlantas Polres Empat Lawang Berikan Pemahaman dan Panggil Ortu Anak Bagi Pengendara di Bawah Umur
SRIPO/ANDI WIJAYA
Salah seorang anggota Satlantas Polres Empat Lawang memberhentikan kendaraan untuk di cek kelengkapan surat kendaraan, pada operasi Patuh Musi 2019, di Jalan Lintas Tengah Sumatera, Selasa, (3/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM,EMPATLAWANG -- Tidak hanya memberikan sanksi tilang kepada pelanggar lalu lintas, Satlantas Polres Empatlawang juga memberikan teguran kepada pengendara yang dinilai melanggar lalu lintas pada saat Operasi Patuh Musi 2019 yang berlangsung dari 29 Agustus - 11 September mendatang

Kapolres Empat Lawang AKBP Eko Yudi Karyanto melalui Kasatlantas Iptu M Yusuf Lubis mengatakan, sejak Operasi Patuh Musi 2019 digelar di hari pertama petugas berhasil memberikan sanksi tilang 5 pengendara yang melanggar dan 10 sanksi teguran.

Selanjutnya di hari kedua Operasi Patuh Musi 2019 ada 10 pengendara yang diberikan sanksi tilang dan 10 pelanggar sanksi teguran, di hari ketiga berhasil menilang 8 pengendara dan 10 lainnya ditegur dan di hari keempat juga tilang 10 pengendara dan 10 lagi ditegur, serta di hari kelima ada 5 tilang dan 17 pengendara diberikan teguran.

Masih dikatakan Lubis, yang dijadikan pedoman oleh anggotanya mengenai pemberian tilang atau teguran itu ialah seberapa fatal pelanggaran yang dilakukan oleh para pengendara baik roda dua maupun roda empat di jalan

"Pengendara yang pelanggarannya tidak terlalu fatal itu masih dimaklumi contohnya saja pengendara roda empat yang tidak memakai sabuk pengaman itu kita beri teguran dan pengendara motor yang melebihi kecepatan yang telah ditentukan itu juga diberi teguran. Namun apabila pengendara tidak menggunakan Helm SNI, tidak membawa surat kendaraan dan pengendara dibawah umur pasti diberikan sanksi tilang," katanya, Selasa (3/9/2019).

Khusus pengendara di bawah umur atau belum mempunyai SIM maka akan diberikan sanksi tilang juga diberi pemahaman sekaligus dipanggil orang tuanya

"Kita panggil orang tuanya dan diberi sosialisasi," imbuhnya

Untuk lokasi Operasi Patuh Musi, digelar di berbagai lokasi berbeda yang ada di Empat Lawang.

"Lokasi tidak menentu yang pasti di sekitaran Empat Lawang dan hari liburpun kita masih tetap operasi karena kita ini sifatnya pertanggal," ucapnya.

Masih dikatakan Lubis, dengan digelarnya operasi Patuh Musi berharap agar masyarakat Empat Lawang lebih mematuhi peraturan dan mengutamakan keselamatan berkendara.

"Harapan kami kepada masyarakat lengkapi dan bawalah surat menyurat kendaraan ketika berkendara serta patuhi aturan dan rambu rambu lalu lintas," katanya. (SP/cr27)

Editor: Ray Happyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved