Mahasiswa Prodi Agroteknologi Unitas Bantu Masyarakat Empat Desa di Kabupaten Muaraenim

KKN ini bisa dilihat peran Perguruan Tinggi dalam membangun masyarakat.

Mahasiswa Prodi Agroteknologi Unitas Bantu Masyarakat Empat Desa di Kabupaten Muaraenim
TRIBUNSUMSEL/MELISA
Sebanyak 50 siswa dari prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNITAS Palembang foto bersama sebelum berangkat ke lokasi KKN, Senin (2/9/2019). 

Mahasiswa Prodi Agroteknologi Unitas Bantu Masyarakat Empat Desa di Kabupaten Muaraenim

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Mengangkat tema Pemberdayaan Usaha Masyarakat Desa, sebanyak 50 mahasiswa program studi Agroteknologi fakultas Pertanian Universitas Taman Siswa (UNITAS) Palembang terjun langsung ke lapangan untuk membantu dan berbaur dengan masyarakat di 4 desa yang ada di kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim.

Dekan Fakultas Pertanian Unitas Palembang, Silahudin Alby saat ditemui tribunsumsel.com sebelum mengatar mahasiswanya ke 4 desa tersebut mengatakan mata kuliah kerja nyata (KKN) ini diadakan kembali setelah 2 tahun lalu ditutup.

"Ini sudah masuk tahun kedua sebelumnya sempat diganti dengan mata kuliah Kemandirian namun diubah kembali setelah dievaluasi makul Kemandirian tidak banyak manfaatnya untuk masyarakat dan kurang diminati mahasiswa," jelasnya, Senin (19/8/2019).

Dia melanjutkan maka dari itu mata kuliah KKN dikembalikan lagi karena dari KKN ini bisa dilihat peran Perguruan Tinggi dalam membangun masyarakat.

"Di sini kita tahu maunha masyarakat gimana, dan tak hanya itu mahasiswa juga bisa berbaur langsung dengan masyarakat," katanya.

"Tahun kedua kami di 4 desa di kecamatan Gelumbang ini juga permintaan dari warga desa karena senang bisa bekerjasama dengan UNITAS Palembang terutama mereka bilang mahasiswa kami sangat membantu saat ditempatkan di desanya," ujarnya.

Selain itu, dengan adanya mata kuliah kerja nyata (KKN) yang memiliki kredit 3 sks di UNITAS Palembang ini mahasiswa tak hanya belajar di kelas atau di Palembang saja namun dikatakan oleh Silahudi mereka juga harus berbaur dengan masyarakat.

"Dengan adanya KKN ini pertama, mereka ada kepuasan selama belajar pertanian ada manfaat bagi masyarakat, bahkan dengan adanya KKN ini tahun depan akan UNITAS Palembang akan membuka kampus B di Gelumbang dan ini permintaan warga desa yang puas dengan mahasiswa kami," katanya.

Sementara itu, 50 mahasiswa dari prodi Agroteknologi fakultas Pertanian UNITAS Palembang ini berangkat menggunakan 2 bus, dibagi ke 4 desa yakni ke desa Bitis, desa Tambangan, desa Kelekar, desa Putak dan desa Kartamulya.

"Setiap desa dibagi menjadi 12-13 mahasiswa, dan akan berada di desa tersebut selamat 4 bulan," tutupnya. (elm)

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Eko Adiasaputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved