Pemkab Muaraenim Prioritaskan Penanganan Stunting di 41 Desa, Terbanyak Gelumbang dan Sungai Rotan

Persentase sebesar 14, 24 persen tersebut dari 10 kasus per desa, dan kita berkomitmen untuk melakukan penuntasan stunting

Pemkab Muaraenim Prioritaskan Penanganan Stunting di 41 Desa, Terbanyak Gelumbang dan Sungai Rotan
tribunsumsel.com
Bupati Muaraenim H Ahmad Yani

 TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM- Sebanyak 41 desa di Muaraenim menjadi target program prioritas penuntasan stunting, Jumat (30/8/2019).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Muaraenim, Ir H Ahmad Yani MM bahwa hingga saat ini tercatat ada 64.967 jiwa Balita yang ada di Kabupaten Muaraenim.

" Untuk yang sudah dilakukan pengukuran status gizinya baru sebanyak 11.271 jiwa, dan dari yang sudah diukur ditemukan ada sekitar 14, 24 persen yang terkena stunting," katanya.

Dikatakannya bahwa data tersebut adalah data sementara, Karena bulan agustus ini masih dilakukan pengukuran kembali.

"Persentase sebesar 14, 24 persen tersebut dari 10 kasus per desa, dan kita berkomitmen untuk melakukan penuntasan stunting bahkan untuk penanganannya saat ini kita fokusnya ada di 41 desa di Muaraenim, yang menjadi target sasaran program penuntasan stunting, "jelasnya.

Sebagai komitmen penuntasan stunting, pemkab Muaraenim telah membuat Peraturan Bupati dan Peraturan Desa sebagai dasar acuan untuk penanganan stunting.

" Untuk kasus stunting ini masih banyak ditemukan di kecamatan Gelumbang dan Sungai Rotan, karena di daerah itu mereka masih kental dengan budaya kelahiran menggunakan jasa dukun, tapi dinkes sudah melakukan sosialisasi bagi yang akan melahirkan dengan dukun beranak, harus tetap dibawa ke Puskemas ataupun bidan desa," katanya.

Tak hanya itu saja lanjutnya untuk penanganan stunting, pihaknya melibatkan semua instansi terkait.

"Seluruh instansi harus fokus untuk penuntasan stanting, karena ini adalah program pusat untuk mewujudkan SDM yang unggul dan berkualitas," pungkasnya. (ika)

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved