Brigpol Andi Ajak Warga Olah Sampah Jadi Uang

Aksi nyata Satuan Binmas Polres Lahat, melalui anggotanya mengajak masyarakat menjadikan budaya hidup bersih sebagai kebutuhan.

Brigpol Andi Ajak Warga Olah Sampah Jadi  Uang
ISTIMEWA
Brigpol Andi anggota Bhabin Polres Lahat, membuat terobosan kreatif di desa binaannya yakni Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat. 

TRIBUNSUMSEL.COM, Lahat – Aksi nyata Satuan Binmas Polres Lahat, melalui anggotanya mengajak masyarakat menjadikan budaya hidup bersih sebagai kebutuhan.

Brigpol Andi anggota Bhabin Polres Lahat, membuat trobosan kreatif di desa binaannya yakni Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat dengan merubah pola hidup negatif warga setempat yang selama ini sampah dibakar dan lebih parahnya lagi sampah dibuang di aliran Sungai Lematang Lahat. Sampah rumah tangga yang masih bernilai ekonomis seperti plastik dan beberapa sampah lainnya seperti sampah non organik meliputi tembaga, alumunium dan lain lain, bakal ditampung di Bank Sampah binaan anggota Bhabin dimaksud.

Di Bank Sampah, sampah yang selama ini dibuang sembarangan tentunya bakal berganti menjadi pundi rupiah dan bisa juga ditukar dengan bahan pokok keperluan sehari hari. Terobosan yang dilakukan Bintara murah senyum ini sekaligus sebagai jawaban dari keluhan masyarakat, yang selama ini susah untuk membuang sampah.

“Bermulanya ide untuk mendirikan Bank Sampah ini, berawal dari keluhan warga di Desa Binaan saya terkait permasalahan sampah. Selanjutnya setelah kita berkordinasi dengan Bapak Kasat Binmas Polres Lahat AKP Zulfikar, ide mendirikan Bank sampah ini mendapat suport,” terang Brigpol Andi. Selasa, (27/8/2019).

Lebih lanjut, dijelaskan Andi terobosan yang dibuat tersebut merupakan cara langsung untuk merubah mainset warga, bahwa dari sekian sampah yang dibuang masih terdapat sampah yang bernilai ekonomis dan bisa berubah menjadi rupiah.

“Intinya pertama kita mengajak warga untuk budaya hidup bersih dan peduli lingkungan sekitarnya. Dari sekian banyak sampah rumah tangga yang terkadang kita bingung untuk dikemanakan, bila kita jeli kita bisa melihat ada beberapa sampah yang bisa kita jadikan uang contoh kecilnya sampah plastik, Bank sampah yang kami dirikan siap menerima dan bakal kita berikan pemahaman sampah mana saja yang bisa ditukar dengan uang maupun bahan pokok,” ujarnya. (SP/cr22)

Tags
Sampah
Editor: Ray Happyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved