Karhutla 2019

BMKG : Prediksi Hujan di Sumsel Turun November

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel memprediksi hujan baru akan turun di Sumsel pada November

BMKG : Prediksi Hujan di Sumsel Turun November
Istimewa
Masyarakat Kelurahan Muara Rupit dan Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara menggelar salat Istisqa di sungai yang mengering, Minggu (25/8/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel memprediksi hujan baru akan turun di Sumsel pada November mendatang.

Prediksi ini justru Sumsel lebih cepat turun hujan dibanding daerah lain di tanah air yang baru akan turun hujan pasca November.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II, Bambang Beny Setiaji mengatakan, Agustus ini merupakan bulan dengan kelembaban paling kering.

Rata-rata curah hujan paling rendah selama 30 tahun terakhir sehingga potensi kebenaran lebih tinggi.

Warga Salat Istisqa di Sungai Rawas Muratara yang Menyusut, Minta Segera Hujan

"Potensi kebakaran hutan dan pemukiman sama tingginya karena panas ekstrim, mayoritas rumah warga yang terbuat dari papan juga lebih kering dan mudah tersulut api," ujarnya, Minggu (25/8/2019).

Dia menjelaskan, kondisi sekarang ini terjadi dikarenakan aktifnya angin musom Australia.

Dimana memang timbulnya tekanan rendah di laut Cina Selatan.

Sehingga mengakibatkan masa udara dari Australia mengalir ke laut Cina Selatan sshingga kondisi di Indonesia pada umumnya, terutama Sumsel pada khususnya mengalami musim kemarau.

Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved