Breaking News:

Pemprov Sumsel Siapkan Rencana Pemutihan Pajak Kendaraan, Ini Penjelasan Wagub Mawardi Yahya

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sekarang tengah menyiapkan rencana menggelar program pemutihan pajak kendaraan

Editor: Wawan Perdana
Humas Pemprov Sumsel
Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sekarang tengah menyiapkan rencana menggelar program pemutihan pajak kendaraan.

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya mengatakan, inisiasi soal rencana pemutihan pajak kendaraan ini berawal dari banyaknya masukan masyarakat yang diterimanya.

"Iya kita rencanakan seperti itu, tapi detilnya masih kita rumuskan dan masih harus ada obrolan lanjut dengan pak Gubernur, karena kebijakan ini diputuskan oleh Gubernur," ujarnya, Kamis (22/8/2019).

Selama ini kata Mawardi, tak sedikit jumlah kendaraan yang belum membayar pajak bahkan ada yang sudah sampai lima tahun lebih.

Oleh karenanya, dengan adanya pemutihan pajak tersebut diharapkan akan mampu mendorong masyarakat untuk lebih sadar dan tertib pajak.

Oditur Yakin Prada DP Sudah Lama Rencanakan Pembunuhan, Tak Percaya Bunuh Karena Emosi Sesaat

"Tapi dengan syarat ini tahun terakhir, setelahnya ditahun-tahun berikutnya harus mau membayarkan kewajibannya untuk membayar pajak," ungkapnya.

Saat ditanya kapan realisasi program tersebut, Mantan Bupati OI itu belum bisa memastikan jadwal pastinya.

"Kita tunggu instruksi Gubernur dulu, masih dirumuskan," katanya

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan, Neng Muhaibah mengatakan, program pemutihan pajak kendaraan di Sumsel sudah cukup lama tidak digelar.

Namun, jika nantinya sesuai arahan dari Gubernur dan Wakil Gubernur akan diadakan pemutihan pajak maka pihaknya siap melakukan koordinasi.

Viral Gadis Aceh Gantung Diri Jelang Pernikahan, Pesan Terakhir Ungkap Penyebabnya, Maafin Lia Ma

"Terakhir sekitar tahun 2017 program ini digelar. Memang setiap program pemutihan dilakukan dampaknya cukup signifikan untuk menambah pemasukan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaran bermotor (PKB)," ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya pemutihan tersebut sekaligus untuk pemuktahiran dan memvalidasi data pajak kendaraan bermotor (PKB) sehingga bisa dihitung potensi aktif wajib pajak untuk proyeksi perolehan PKB ke depannya.

4 Tahun Enzo Zenz Allie Bakal Ditempa Jadi Anggota TNI, Jenderal Andika Perkasa Akui Bisa Gugur

"Untuk realisasi PKB di tahun ini sudah capai 61 persen," tutupnya.

Informasi yang beredar saat ini program tersebut disiapkan khusus bagi angkutan umum yang beroperasi di wilayah Sumatera Selatan.  (SP/ Rahmaliyah)

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved