Pertama di Sumatera RSUD HM Rabain Buka Terapi Orthoregen

RS HM Rabain Muaraenim saat ini telah memiliki layanan Terapi Orthopedi Regeneratif (Orthoregen) pertama di Sumatera, Senin, (19/8/2019)

Pertama di Sumatera RSUD HM Rabain Buka Terapi Orthoregen
TRIBUNSUMSEL
Dokter spesialis Orthopedi RS HM Rabain, dr Doli M Sitompul, Sp.OT saat sedang memeriksa pasien. 

TRIBUNSUMSEL.COM - RS HM Rabain Muaraenim saat ini telah memiliki layanan Terapi Orthopedi Regeneratif (Orthoregen) pertama di Sumatera, Senin, (19/8/2019).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Plt. Direktur RS HM Rabain Muaraenin, Yan Riyadi MARS didampingi dokter spesialis Orthopedi RS HM Rabain, dr Doli M Sitompul, Sp.OT bahwa Sebagai rumah sakit rujukan regional, RSUD HM Rabain berkomitmen memberikan layanan lengkap, terutama dalam permasalahan otot, tulang dan sendi (muskuloskeletal).

"September 2019 ini adalah tepat satu tahun berjalannya layanan orthopedi di RS HM Rabain, tidak hanya terbatas pada layanan emergency patah tulang akibat kecelakaan saja, tim Orthopedi RSUD HM Rabain juga mengembangkan layanan unggulannya pada terapi regeneratif, dan ini pertama kalinya di Pulau Sumatera. Terapi ini merupakan layanan yang mengkombinasikan antara layanan orthopedi dan regenerative medicine, salah satu bidang
keilmuan yang baru berkembang dalam dekade terakhir," jelasnya.

Diterangkannya terapi ini dilaksanakan pada kasus degeneratif tulang dan sendi seperti Osteoarthritis (pengapuran), Arthropathy (penurunan fungsi sendi akibat proses penuaan) yang melibatkan kerusakan otot dan ligament, dan kasus patah tulang akibat proses penuaan (osteoporosis) serta Neglected (gagal sembuh karena diurut).

"Di dalam pelaksanaannya, tim Orthopedi yang dipimpin oleh dr Doli M Sitompul, Sp.OT melaksanakan prosedur Hackett-Hemwall Prolotherapy (suntikan bahan proliferan yang merangsang pertumbuhan jaringan baru) yang aman dan terbukti secara ilmiah (1950-saat ini) bermanfaat untuk memperbaiki jaringan otot, tulang dan sendi yang rusak akibat proses penuaan," katanya.

Berbeda dengan suntikan sendi pada umumnya, prosedur prolotherapy tidak menggunakan Hyaluronat, melainkan bahan proliferan berupa dextrose yang lebih aman, terjangkau serta menimbulkan efek pemulihan jaringan.

"Dalam evaluasi tahun pertama, terdata 48 orang pasien yang menjalani prolotherapy untuk Osteoartritis knee (pengapuran lutut) di RSUD HM Rabain, setelah 10 bulan terapi intensif, 23 pasien saat ini dilaporkan sudah mengalami pemulihan (Evaluasi dengan Western Ontario and McMaster Universities Osteoarthritis (WOMAC) Index serta Knee Pain Scale (KPS). Tidak hanya pada lutut, prosedur ini juga terbukti aman dan efektif untuk kondisi degeneratif pada bahu, pinggul, tulang belakang dan persendian lainnya," katanya.

Tidak hanya tatalaksana sendi, dr. Doli M Sitompul, Sp.OT menjelaskan bahwa saat ini, tim orthopedi RSUD Rabain juga telah menerapkan pengembangan terapi regeneratif orthopedi untuk kasus patah tulang akibat osteoporosis dan neglected (gagal sembuh akibat diurut).

"Dengan kombinasi prosedur operasi menggunakan ekstrak darah pasien sendiri dalam bentuk platelet rich plasma (PRP), pemulihan tulang pasca operasi menjadi lebih cepat dengan memanfaatkan efek modulasi oleh TGF-beta 1 dan BMP-2 yang diekstraksi dari darah pasien sendiri. Dan hal ini tentunya akan menjadi jawaban atas sulitnya pemulihan patah tulang akibat osteoporosis dan neglected," katanya.

Ditambahkannya bahwa layanan Orthopedi akan terus dikembangkan sebagai suatu layanan unggulan yang berkelas dan berstandard internasional. Sehingga dapat memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap layanan kesehatan khususnya untuk penyakit otot, tulang dan sendi. (ika)

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Ray Happyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved