650 Gram Sabu 270 Batang Ganja Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan di Mapolres Musirawas

Sebanyak 650 gram narkotika jenis sabu dan 270 batang pohon ganja, barang bukti narkotika hasil tangkapan Satnarkoba Polres Musirawas

650 Gram Sabu 270 Batang Ganja Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan di Mapolres Musirawas
SRIPO/AHMAD FAROZIE
Sebanyak 650 gram narkotika jenis sabu dan 270 batang pohon ganja, barang bukti narkotika hasil tangkapan Satnarkoba Polres Musirawas, dimusnahkan di Mapolres Musirawas Selasa (20/8/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM - Sebanyak 650 gram narkotika jenis sabu dan 270 batang pohon ganja, barang bukti narkotika hasil tangkapan Satnarkoba Polres Musirawas, dimusnahkan di Mapolres Musirawas Selasa (20/8/2019). Barang bukti sabu dimusnahkan dengan cara diblender dan dibuang kesaluran septic tank. Sedangkan barang bukti ganja dimusnahkan dengan cara dibakar.
Pemusnahan barang bukti narkoba ini dipimpin langsung Kapolres Musirawas AKBP Suhendro bersama Ketua DPRD Muratara Efriansyah, Dandim 0406 Letkol Inf A'an Setiawan, Kepala BNN Kabupaten Musirawas Hendra Amoer, Asisten 1 Pemkab Musirawas Heriyanto, Asisten 2 Pemkab Muratara Suharto Patih, perwakilan Kejaksaan Negeri Lubuklinggau dan Lapas Narkotika.
Barang bukti narkoba jenis sabu yang dimusnahkan tersebut hasil tangkapan dengan tersangka M Dahlan sebanyak 453,70 gram dan 143,69 gram dari tersangka Lubes. Barang bukti tersebut sudah disisihkan untuk keperluan pemeriksaan laboratorium dan dipergunakan untuk barang bukti di kejaksaan.
Sedangkan barang bukti 270 batang pohon ganja merupakan hasil penggerebekan ladang ganja seluas sekitar satu hektar diwilayah Bukit Cermin Desa Sukaraja Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara. Dimana saat penggerebekan, ditemukan 3000 batang pohon ganja dan 2700 batang diantaranya dimusnahkan dengan cara dibakar dilokasi. Anggota tidak bisa membawa semua barang bukti tersebut karena keterbatasan sarana dan kondisi medan yang sulit, sehingga terpaksa dimusnahkan sebanyak 2700 batang dilokasi dan sisanya sebamyak 300 batang dibawa ke Mapolres Musirawas.
Dari 300 batang yang dibawa, sebanyak 270 batang diantaranya dimusnahkan, dan sisanya 30 batang digunakan untuk keperluan pemeriksaan laboratorium dan barang bukti di kejaksaan. Adapun tersangka pemilik ladang ganja adalah warga lokal berinisial A, dan yang bersangkutan sudah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).
Kapolres Musirawas AKBP Suhendro disela pemusnahan barang bukti mengatakan, narkoba adalah salah satu perusak moral yang sangat menghancurkan anak bangsa. Karena itu harus diperangi dan diberantas secara bersama-sama.
"Pemberantasan narkoba ini tidak bisa hanya dilakukan oleh Polri, TNI dan BNN serta pemerintah saja. Untuk memberantas narkoba, perlu komitmen semua elemen masyarakat, supaya peredarannya terbatas dan dapat diberantas," ujar AKBP Suhendro. (ahmad farozi)

Ket foto
Sebanyak 650 gram narkotika jenis sabu dan 270 batang pohon ganja, barang bukti narkotika hasil tangkapan Satnarkoba Polres Musirawas, dimusnahkan di Mapolres Musirawas Selasa (20/8/2019).

Editor: Ray Happyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved