29 PAUD di Kecamatan Lawang Kidul Muaraenim Ikuti Karnaval Budaya

Sebanyak 29 PAUD di kecamatan Lawang Kidul ikuti Karnaval Budaya yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul

29 PAUD di Kecamatan Lawang Kidul Muaraenim Ikuti Karnaval Budaya
IKA ANGGRAINI/TRIBUNSUMSEL.COM
Karnaval di Muaraenim. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM- Sebanyak 29 PAUD di kecamatan Lawang Kidul ikuti Karnaval Budaya yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74.

Berdasarkan pantauan Tribunsumsel.com di lapangan, Jumat, (16/8/2019) tampak ribuan murid PAUD tersebut terlihat anggun dan cantik dalam balutan busana adat istiadat baik yang merupakan khas Kabupaten Muaraenim maupun Nusantara.

Seperti yang terlihat di salah satu rombongan peserta dari TK Antrasita Tanjung Enim, dengan mengusung tema "Ngantat Penganten" atau mengantarkan pengantin, para muridnya berbagi peran dengan mengenakan kostum masing-masing mulai dari tim terbangan yang mengiringi langkah kaki pengantin dan rombongan pengantin berjalan, ada juga yang menjadi pengantin yang siap diantarkan, orang tua pengantin, pagar ayu dan juga tim yang membawa berbagai macam seserahan yang dikemas dengan berukuran mini.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala PAUD Antrasita Tanjung Enim, Ani, bahwa pihaknya sengaja mengangkat tema tersebut untuk melestarikan budaya asli Muaraenim.

"Selain itu ini juga dapat menjadi sarana edukasi bagi murid kita untuk mengenal budaya dan adat istiadat daerah kita," katanya.

Tak hanya para murid lanjutnya, pihak orang tuapun dilibatkan untuk dapat berpartisipasi dalam karnaval budaya ini.

"Bahkan Mama-mamanyapun antusias ikut baris dibagian belakang dengan mengenakan gandik dan selendang songket yang menjadi ciri orang palembang,meskipun panas-panasan namun semuanya mendapat respon positif baik dari para murid dan juga orang tua," katanya.

Dilain pihak, Camat Lawang Kidul, Rahmad Noviar mengungkapkan, karnaval budaya tingkat kecamatan ini merupakan rangkaian acara memperingati HUT RI ke 74.

"Kami ucapkan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah berpartisipasi, serta panitia yang sudah bekerja keras mempersiapkan acara sehingga bisa berlangsung sukses. Kegiatan ini juga tak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama PTBA,"ucap Rahmad.

Ia juga mengatakan dalam kegiatan ini beragam budaya adat dan istiadat ditampil oleh para peserta.

" Sehingga dapat menjadi bahan edukasi masyarakat yang menonton untuk mengetahui beragam kebudayaan baik khas Muaraenim, Sumsel maupun budaya nusantara," katanya.

Ditambahkannya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat kecamatan Lawang kidul dan sekitarnya.

" ini sudah menjadi agenda rutin tahunan di kecamatan Lawang Kidul yang mendapat respon positif baik dari pihak sekolah, masyarakat umum maupun instansi-instansi yang ada di wilayah kecamatan Lawang Kidul," katanya.

Caption: tampak tim dari TK Antrasita Tanjung Enim saat mengikuti karnaval budaya dalam rangka HUT RI ke 74

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved