Berita PALI

Diduga Peninggalan Candi Bumi Ayu, Arkeolog Temukan Batu Nisan Berelief Burung di PALI

Bangunan berbentuk bata dengan dihiasi berbagai ornamen ciri khas candi agama Hindu muncul di tengah batu nisan makam warga PALI

Diduga Peninggalan Candi Bumi Ayu, Arkeolog Temukan Batu Nisan Berelief Burung di PALI
Sripo/ Reigan
Dinas Pariwisata PALI saat melihat langsung diduga ditemukan bangunan Candi Bumi Ayu di TPU Tanah Abang Selatan Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, Rabu (7/8/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI-Bangunan berbentuk bata dengan dihiasi berbagai ornamen ciri khas candi agama Hindu muncul di tengah batu nisan makam warga Tanah Abang Selatan Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir), Selasa (6/8/2019).

Bangunan itu diduga peninggalan Candi Bumi Ayu.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten PALI, Emawati menuturkan, adanya dugaan temuan bangunan Candi Bumi Ayu di TPU Tanah Abang Selatan, lantaran sebelumnya pihaknya juga menemukan relief candi berbentuk burung di sekitaran areal tersebut.

"Tim arkeolog sebelumnya juga telah menemukan diduga bangunan Candi Bumi di sekitaran TPU. Namun untuk memastikannya Tim arkeolog nanti akan kembali lagi ke PALI melakukan kajian mendalam," ungkap Emawati, Selasa (6/8/2019).

Pertahankan Ketahanan Negara Melalui Sektor Pariwisata, Mahasiswa Baru Poltekpar Digembleng TNI

Tim Arkeolog dari BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jambi, serta arkeolog dari Jakarta sebelumnya banyak menemukan sisa bangunan candi di TPU sekitaran luasnya 500 meter itu.

Dengan banyak ditemukannya bangunan Candi Bumi Ayu ini, maka untuk sementara makam yang ada ditemukan bangunan candi disterilkan.

Sementara disekitaran areal lainnya selain ada tempat ditemukan bangunan candi, masih bisa digunakan warga setempat untuk areal pemakaman.

"Berbagai dugaan masih di kaji, apakah warga sebelumnya memindahkan bangunan candi atau memang sudah ada dk TPU ini," jelasnya.

Danau Rayo Primadona Baru Wisata di Muratara, Keindahan dan Legenda Bujang Kurap Jadi Daya Tarik

"Namun, tim arkelog pernah menggali atau ekskapasi didalamnya (tanah) terdapat bangunan struktur peninggalan Candi Bumi Ayu," jelasnya menambahkan.

Sementara Joko, warga Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, menambahkan banyak ditemukan bangunan candi Bumi Ayu ini lantaran sekitaran wilayah TPU telah dilakukan pembersihan.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved