Perlu Diketahui, Gen Menentukan Makanan yang Cocok Bagi Tubuh Kita

Laboratorium klinik terbesar Prodia kembali menggelar seminar nasional "Mau makan apa? Tanya DNA !. Acara ini digelar di PTC Mall, Sabtu (3/8/2019).

Perlu Diketahui, Gen Menentukan Makanan yang Cocok Bagi Tubuh Kita
SRI HIDAYATUN/TRIBUNSUMSEL.COM
Laboratorium klinik terbesar Prodia kembali menggelar seminar nasional "Mau makan apa? Tanya DNA !. Acara ini digelar di PTC Mall, Sabtu (3/8/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG - Laboratorium klinik Prodia kembali menggelar seminar nasional "Mau makan apa? Tanya DNA !. Acara ini digelar di PTC Mall, Sabtu (3/8/2019).

Acara ini diikuti oleh ibu-ibu yang sangat antusias mendengarkan tentang kebutuhan nutrisi yang tepat berdasarkan gen.

Marissa Arifin, M.Kes, salah satu narasumber dalam acara tersebut mengatakan respon tubuh terhadap yang dimakan berbeda-beda. Hal ini dikarenakan gaya hidup dam susunan genetik yang berbeda.

Ia mengatakan kebutuhan nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda yang dipengaruhi gen dalam tubuh.

Sebab gen berpengaruh pada fisik, sifat, kesehatan dan respon tubuh terhadap berbagai macam nutrisi.

"Saat ini banyak penyakit tidak menular yang menimpa orang. Seperti kanker, diabetes, jantung koroner dan lain sebagainya," ujarnya.

Mengapa hal ini terjadi?, Marissa mengatakan semuanya dipengaruhi oleh gaya hidup sehat seperti faktir makanan yang serba instan, cepat saji, merokok, alkohol dan tidak aktif secara fisik alias malas berolahraga.

Berdasarkan penelitian, banyak orang yang meninggal diusia produktif atau sekitar 30 tahunan karena penyakit tidak menular.

Lalu, bagaimana mencegah penyakit tidak menular?. Marissa mengatakan semua bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Mulai dari makan-makanan yang sehat, tidak merokok, alkohol dan rajin berolahraga.

Ia juga menjelaskan, gen juga mempengaruhi diet apa yang cocok bagi seseorang. Karena tidak semua diet yang dipilih cocok bagi seseorang.

Sementara itu, Hermin Tikumaqdika,SE,MTh selaku Regional Head Wilayah Sumatera mengatakan saat ini sudah mulai menjadi tren dikalangan masyarakat untuk menjalankan gaya hidup sehat.

"Seperti menjalankan diet mayo, diet keto, melakukan yoga, zumba, pound fit atau lari marathon dan kegiatan fisik lainnya," ujar dia.

Namun , lanjut dia justru mereka belum tahu apakah pilihan makanan dan kegiatan fisik itu sudah tepat untuk tubuh atau belum.

"Nah selaras dengan ini Prodia memiliki pemeriksaan Prodia Nutrigenomics dengan pemeriksaan Prodia Genomics untuk dapat mengetahui efek dari nutrisi terhadap gen serta interaksi antara gen dan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan sehingga dapat digunakan sebagai baseline dan guidence untuk melakukan gaya hidup yang sesuai," jelasnya.

Seminar ini juga dilakukan di 22 kota di Indonesia diantaranya Banda Aceh, Yogyakarta Batam, Bandung, Pekanbaru, Semarang, Lampung, Medan dan Palembang.

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved