Berita Palembang

Pemkot Palembang Buka Sekolah Filial Anak Jalanan dan Putus Sekolah, Ada Pelatihan Keterampilan 

Dinas Pendidikan Kota Palembang akan membentuk sekolah filial (selfi) untuk anak jalanan (anjal) dan anak putus sekolah

Pemkot Palembang Buka Sekolah Filial Anak Jalanan dan Putus Sekolah, Ada Pelatihan Keterampilan 
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Akhmad Zulinto menjelaskan rencana membuka sekolah filial anak jalanan dan putus sekolah di Palembang, Kamis (1/8/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang akan membentuk sekolah filial (selfi) untuk anak jalanan (anjal) dan anak putus sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Akhmad Zulinto, Kamis (1/8/2019) menjelaskan, berdasarkan data anak jalanan (anjal) dan anak putus sekolah di Kota Palembang mencapai 1.278 anak.

"Dengan banyaknya anjal dan anak putus sekolah ini perlu diatasi dengan membuka sekolah filial bagi mereka," ujarnya sebelum membuka kegiatan sosialisasi kepada kepala SD-SMP se Kota Palembang di Aula Disdik Kota Palembang.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya menargetkan sekolah filial untuk anjal-putus sekolah ini akan dibuka per September tahun ini.

Kondisi Memprihatinkan SD Muhammadiyah 4 Palembang, Siswa Kelas 1-6 Gabung Satu Ruangan

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan OPD terkait termasuk dengan lembaga swadaya masyarakat yang mengelola anak asuh dan anak jalanan," ujarnya.

"Bahkan pemerintah Kota Palembang, pak Wali khususnya pada tahun depan akan menganggarkan dana untuk membangun asrama untuk siswa filial ini," katanya.

Sementara itu,rencananya dalam sekolah filial ini tidak hanya ada pendidikan untuk sekolah formal, namun juga diberi bekal khusus bagi mereka anak jalanan dan putus sekolah.

Misalnya keahlian menjahit, tukang bengkel dan lainnya.

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah Jatuh Pada Tangggal 11 Agustus 2019

"Kami juga bekerjasama dengan BLK untuk diberi skill. Jadi lebih ke sekolah keahlian, sehingga selelsai sekolah lansung punya keterampilan," jelasnya.

Untuk lokasi sekolah itu rencananya di sanggar kegiatan belajar (SKB) Kota Palembang.

Halaman
12
Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved