Breaking News:

Satu Tahun Beroperasi, LRT Sumsel Makin Diminati

PT KAI (Persero) sebagai operator LRT Sumsel telah melayani masyarakat Sumsel selama 1 tahun. Sejak 23 Juli 2018,

Editor: Prawira Maulana
(TRIBUNSUMSEL/M.A.FAJRI)
HUT LRT - Jajaran Direksi PT KAI bersama kepala Newsroom Sripo-Tribun Sumsel Weny Ramdiastuti saat memotong kue sebagai simbolis HUT LRT yang pertama di Opi Mall palembang, Selasa (23/7/2019). 

MOCHAMAD PURNOMOSIDI
Kepala PT KAI (Persero) Divisi Regional III Palembang

- Transportasi Publik Masa Depan yang Aman, Nyaman dan Modern

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - PT KAI (Persero) sebagai operator LRT Sumsel telah melayani masyarakat Sumsel selama 1 tahun. Sejak 23 Juli 2018, LRT Sumsel mulai digunakan sebagai sarana transportasi bagi masyarakat di Sumatera Selatan.

Mulanya LRT digunakan untuk mengakomodir kebutuhan transportasi bagi atlet, official, media asing dan dalam negeri pada pelaksanaan Asian Games bulan Agustus 2018 yang diadakan di kota Palembang. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi Indonesia karena apresiasi yang sangat baik dari atlet, official, media asing dan dalam negeri peserta Asian Games 2018.

Saat ini LRT Sumsel telah tumbuh menjadi kebanggaan dengan mengubah wajah Kota Palembang, masyarakat Palembang dan Bangsa Indonesia sebagai budaya baru bertransportasi publik yang aman, nyaman dan modern. General Manager LRT Sumsel, Sofan Hidayah menjelaskan 1 tahun beroperasional, LRT Sumsel telah mengangkut lebih dari 2.214.737 penumpang, dengan okupansi rata-rata weekday 5000 penumpang dan weekend 10.000 penumpang. Hal ini membuktikan bahwa LRT Sumsel perlahan-lahan menjadi transportasi andalan bagi masyarakat.

"Sebagai wujud rasa syukur dan bentuk apresiasi kepada masyarakat serta untuk mengajak masyarakat beralih menggunakan LRT Sumsel, dalam menyambut 1 tahun operasioanal LRT diselenggarakan berbagai kegiatan untuk masyarakat," jelas Sofan.

Pada tanggal 22 Juli 2019, dilaksanakan Talkshow 1 tahun bersama LRT Sumsel di Stasiun DJKA bersama Trax FM yang membahas tentang inovasi LRT Sumsel dalam memberikan pelayanan ke masyarakat dengan narasumber Manager Humas Divre III Palembang Aida Suryanti dan Manager Operasi dan Komersial LRT Sumsel Sri Miyanto. Kegiatan dilanjutankan dengan kunjungan ke Panti Asuhan Peduli Kasih dan doa bersama memohon operasional LRT Sumsel senantiasa diberikan keselamatan dan dapat memberikan manfaat kepada mayarakat.

Selanjutnya tanggal 23 Juli 2019 dilaksanakan Talkshow Teknologi Transportasi dan Kemanusiaan bersama ACT care for humanity di dalam KA LRT rute Stasiun Bandara-Stasiun DJKA. Dalam acara rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Hall Opi mall LRT Sumsel menggelar kegiatan yang dihadiri EVP Divre III Palembang Mochmad Purnomosidi, Deputy EVP Waroso jajaran Divre III dan LRT Sumsel, Balai Pengelola LRT Sumsel, dan Kepala Newsroom Sripo-Tribun, Hj. Wenny L Ramdiastuti.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hall Opi Mal, dilakukan pemotongan kue sebagai rasaya syukur LRT Sumsel telah beroperasi dengan aman selama 1 tahun. Potongan kue ini diberikan oleh EVP Divre III Palembang Muhamad Purnomosidi kepada Hj. Wenny L Ramdiastuti dengan harapan LRT dan media dapat berjalan beriringan untuk mensosialisasikan, mengajak, mengedukasi dan membudayakan untuk menggunakan trasnportasi masal kepada seluruh masyarakat Sumatera Selatan.

Tanggal 23 Juli yang bersamaan dengan Hari Anak Nasional, PT KAI dan LRT melaksanakan lomba mewarnai yang dilaksanakan di 2 tempat yakni Stasiun Kertapati dan Hall OPI mall dengan total jumlah peserta sebanyak 60 siswa-siswi tk yang berada di dekat stasun. Dalam menyemarakkan Hari Anak Nasional, LRT Sumsel mengratiskan naik LRT dengan syarat masih dibawah 12 Tahun.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan pelaksanaan lomba menulis artikel dengan bekerja sama oleh Tribunsumsel, lomba foto and caption challenge bersama Radio Momea, FGD Teknologi Sarana LRT yang menghadirkan narasumber dari PT INKA dengan pembahasan Sistem Propulsi LRT Sumsel dan Sistem Penumatic dengan tujuan meningkatkan kompetensi.

Sekaligus menghasilkan pemikiran-pemikiran ataupun ilmu yang bermanfaat sehingga LRT Sumsel dapat menjadi model pengembangan LRT di berbagai kota di Indonesia terutama dalam teknologi sarana kereta api ringan LRT dan dapat terus menjadi transportasi masal yang aman,nyaman dan modern serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang LRT Sumsel.

Sebagai ucapan terima kasih kepada stakeholder dan masyarakat LRT Sumsel PT KAI Divre III Palembang mengadakan Malam Apresiasi 1 tahun Bersama LRT Sumsel. Kepala PT KAI (Persero) Divisi Regional III Palembang, Mochamad Purnomisidi menjelaskan, LRT Sumsel dapat berjalan dengan baik memberikan pelayanan kepada masyarakat karena dukungan semua pihak baik dan masyarakat.

Ia mengatakan, selama satu tahun ini PT KAI (Persero) sebagai operator telah melakukan sosialisasi dan kampanye #PAYO NAIK LRT. "Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, BUMN / BUMD Pendukung, Perbankan, masyarakat, media cetak, elektronik dan online serta seluruh stake holder lainnya," katanya.

PT KAI berharap dalam 1 tahun operasionalnya LRT Sumsel mendapat dukungan dari semua pihak dan masyarakat untuk ikut menjaga dan menjadikan LRT Sumsel yang merupakan karya anak bangsa sebagai tulang punggung dalam sistem transportasi publik yang aman,nyaman dan modern. (cr12/Adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved