Breaking News:

1 Tahun LRT Sumsel, Jadikan LRT Gaya Hidup Transportasi Kota Palembang

Kota Pempek ini sekarang telah memiliki moda transportasi baru yaitu LRT Sumsel yang merupakan LRT pertama di Indonesia yang hampir 90 %

ISTIMEWA
Rahma Yunita 

Tulisan dari Rahma Yunita

Juara 2 Lomba Menulis Artikel 1 Tahun LRT Sumatera Selatan)

 

KOTA Palembang patut berbangga.

Kota yang lebih terkenal dengan sebutan Kota Pempek ini sekarang telah memiliki moda transportasi baru yaitu LRT Sumsel yang merupakan LRT pertama di Indonesia yang hampir 90 % dari pengerjaannya adalah karya anak bangsa.

LRT Sumsel yang membentang sepanjang 24 kilo meter menghubungkan Kota Palembang dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II sampai Stadion Jakabaring Palembang menjadi bukti prestasi anak bangsa bahwa sejatinya Indonesia mampu memenuhi sendiri kebutuhan infrastruktur modernya yang diwujudkan oleh adanya kerjasama antara PT Waskita Karya yang bertanggung jawab di bidang konstruksi, PT INKA sebagai pembuat gerbong kereta api, PT Kereta Api Indonesia sebagai pengoperasi jalannya kereta api dan PT Len Industri yang mengatur sistem persinyalan kereta api.

Hadirnya LRT Sumsel di Kota Palembang seiring sejalan bersamaan dengan digelarnya puncak pesta olahraga terbesar di Asiayakni ASEAN GAMES 2018 yang jatuh pada tanggal 18 Agustus 2018 yang diselenggarakan di dua kota besar di Indonesia Jakarta-Palembang.

Artinya, saat itu keberadaan LRT Sumsel dalam jangka pendek merupakan salah satu moda transportasi yang menjadi faktor penentu kesuksesan Asean Games 2018.

Terbukti, LRT Sumsel berhasil menjadi tumpuan utama dalam memobilisasi atlet, offisial, tenaga medis, relawan, media lokal maupun internasional dari 45 negara yang berkompetisi di Asean Games 2018.

Setahun telah berlalu, meski awalnya hadirnya LRT Sumsel di Kota Palembang sebagai infrastruktur penunjang penyelenggaraan Asean Games 2018, sejatinya dalam jangka panjang kehadiran LRT Sumsel merupakan harapan dan kebutuhan bagi Kota Palembang dalam mengatasi persoalan kemacetan yang sedang terjadi saat ini karena diprediksikan Kota Palembang akan mengalami kemacetan total pada tahun 2020.

Halaman
123
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved