256 JCH Prabumulih Terima Bantuan Rp 2 Juta

jemaah haji asal Prabumulih akan menginap di kawasan Raudah yang berjarak sekitar 2,5 km dengan masjidil haram.

256 JCH Prabumulih Terima Bantuan Rp 2 Juta
TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Walikota Prabumulih ketika memberikan bantuan uang tunai kepada para jamaah calon haji yang diberangkatkan dari pendopoan rumah dinas walikota, Senin (15/7/2019). 

256 JCH Prabumulih Terima Bantuan Rp 2 Juta

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Ratusan Jamaah Calon Haji (JCH) asal kota Prabumulih, diberangkatkan dari pendopoan Rumah Dinas Walikota menuju asrama haji Palembang untuk selanjutnya diberangkatkan ke tanah suci, Senin (15/7/2019).

Pantauan Tribunsumsel.com di lapangan, pelepasan 256 jamaah calon haji yang dimulai sekitar pukul 07.00 tersebut diiringi dengan suasana haru dan penuh tangis bahagia dari para keluarga yang melepas.

Keluarga tampak berurai air mata ketika melihat orang tua mereka naik bus jamaah calon haji yang disiapkan pemerintah kota Prabumulih. Ratusan jamaah calon haji sendiri secara langsung dilepas oleh Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM.

Dalam kesempatan itu, Walikota Prabumulih berharap para jamaah untuk beribadah dengan khusyuk dan memanfaatkan momen berharga itu untuk mencari ridho Allah dan beribadah sebanyak-banyaknya serta sebaik-baiknya.

"Jangan pikirkan keluarga di Indonesia, beribadah lah dengan khusyuk dan kami mendoakan semoga para jamaah menjadi haji yang mabrur dan mabrurah," harapnya.

Pada kesempatan itu juga, orang nomor satu di kota Prabumulih itu memberikan bantuan pemerintah kota Prabumulih kepada masing-masing jemaah saat naik ke bus.

"Para jamaah hendaknya membawa barang seperlunya saja agar tidak membebani ketika di tanah suci sehingga bisa khusyuk menunaikan ibadah," katanya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Prabumulih, Yeri Taswin ketika diwawancarai wartawan mengatakan ada 256 jemaah dari Prabumulih yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Setelah diberangkatkan dari Prabumulih, para jamaah akan bermalam di asrama haji embarkasi Palembang, barulah dilakukan pelepasan jemaah keesokan harinya pukul 06.00 dan pesawat take off pukul 10.00," jelasnya.

Yeri menjelaskan, di tanah suci nantinya jemaah haji asal Prabumulih akan menginap di kawasan Raudah yang berjarak sekitar 2,5 km dengan masjidil haram.

"Kepada para jamaah kami harap supaya tetap jaga kesehatan dan memanfaatkan ibadah sebaik-baiknya, karena tidak mudah untuk beribadah haji apalagi sudah menunggu sejak lama," terangnya seraya mengatakan waiting list haji sudah sampai 2035 atau harus menunggu 16 tahun baru bisa berangkat.

Disinggung apa yang diberikan pemerintah kota Prabumulih kepada jamaah ketika berangkat, Yeri mengaku para jemaah mendapatkan bantuan berupa uang tunai dari Pemkot Prabumulih Rp 1 juta dan dari Pemprov Sumsel Rp 1 juta.

"Uang Rp 2 juta itu diberikan kepada jamaah sudah dalam bentuk Real, harapan pemerintah dapat membantu para jamaah selama menjalankan ibadah haji," katanya.

Penulis: Edison
Editor: Eko Adiasaputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved