2 Mahasiswa UT Palembang Catat Prestasi Membanggakan, Ikut Ajang MTQ dan Lomba Wirausaha

Dua mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Palembang berhasil membawa nama baik kampusnya.

2 Mahasiswa UT Palembang Catat Prestasi Membanggakan, Ikut Ajang MTQ dan Lomba Wirausaha
MELISSA/TRIBUNSUMSEL.COM
2 Mahasiswa Universitas Terbuka Palembang Catat Prestasi Membanggakan, Ikut Ajang MTQ dan Lomba Wirausaha 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dua mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Palembang berhasil membawa nama baik kampusnya.

Ella dan Beni akan mengikuti lomba tingkat nasional mewakili Universitas Terbuka Palembang.

Ella Nurliasari yang juga mahasiswa di Universitas Palembang (UT) jurusan bahasa Indonesia semester 3 ini akan mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran mahasiswa nasional XVI 2019 di Universitas Syiah Kuala Aceh 29 Juli -2 Agustus.

"Alhamdulillah dari Universitas Terbuka terutama Direktur UT Palembang Dr Meita Istianda SIP MSi mendukung penuh saya ikut lomba ini, semuanya dibantu oleh pak Steven dan ibu Meita," ujarnya, Senin (8/7/2019).

Cewek yang hafal Al Quran 30 juz ini juga berharap bisa meraih yang terbaik saat mengikuti lomba. "Optimis dan bismillah yang penting bisa menampilkan yang terbaik untuk UT, dan saya terima kasih sudah didukung oleh UT," katanya.

Sementara itu, Beni berhasil mendapat dana hibah dari Kemenristekdikti sebesar Rp47 juta setelah memasukan proposal miliknya dan berhasil tembus.
"Saingan banyak, sekitar 7ribuan berkas yang masuk, alhamdulillah berkas saya lolos dan mendapat dana hibah dari Kemenristekdikti," ujarnya.

"Jadi ini merupakan kompetisi mahasiswa berwirausaha oleh Kemenristekdikti, di Palembang yang lolos ada dari Universitas Sriwijaya dan Universitas Terbuka. Kalau saya ini lebih ke wirausaha atau kerajinan kayu, jadi limbah kayu kami manfaatkan untuk dibuat meja, alat peraga untuk anak PAUD dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Direktur Universitas Terbuka (UT) Palembang, Dr Meita Istianda SIP MSi mengatakan selama ini anggapan dari masyarakat umum yang belum mengenal Universitas Terbuka (UT) bahwa di UT tidak ada kegiatan kemahasiswaan

"Jadi selama ini mungkin ada anggapan dari masyarakat umum yang belum mengenal UT bahwa di UT itu tidak ada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, tidak ada bantuan dari CSR atau beasiswa untuk memotivasi mereka padahal kan lihat sendiri ini dua mahasiswa UT berpresrasi, Ella dan Beni maka dari sini kami ingin masyarakat tahu kalau di UT itu banyak mahasiswa berprestasi," jelasnya.

Di UT banyak sekali sebetulnya program-program yang memotivasi mahasiswa, di UT juga ada dana kemahasiswaan dimana mahasiswa membentuk kegiatan-kegiatan unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti di Universitas konvensional. "Di UT ini bahkan ada ukm tari, paduan suara, corner project," ujanrya.

"Corner project ini merupakan peliputan dalam bentuk video medsos. Dari sini kami mencoba mengangkat aspek-aspek keterampilan dari mahasiswa-mahasiswa UT sebenarnya tidak jalah dari mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya," katanya.

Kelebihan-kelebihan dari mahasiswa UT ini sebenarnya mahasiswa ini banyak waktu karena kuliah tidak harus tatap muka tiap hari. "Mereka bisa memanage waktu untuk mengerjakan hobinya. Kami berharap kedepan semakin banyak mahasiswa UT yang yakin dan percaya diri untuk mencoba bahwa mereka sendiri punya talenta punya kelebihan dibanding mahasiswa lain," tutupnya. (adv/elm)

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved