Berita Palembang

Anggota DPRD Sumsel Banyak Tidak Hadir di Sejumlah Agenda Paripurna, Ini Penjelasan Gantada

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sebagian anggota DPRD Sumsel periode 2014-2019 mulai jarang hadir di sejumlah kegiatan setelah Pemilihan Legislatif 2019

Anggota DPRD Sumsel Banyak Tidak Hadir di Sejumlah Agenda Paripurna, Ini Penjelasan Gantada
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Banyak anggota DPRD tidak hadir di rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda, Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel, terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Sumsel Tahun Anggaran 2018, Senin (24/6/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sebagian anggota DPRD Sumsel periode 2014-2019 mulai jarang hadir di sejumlah kegiatan setelah Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Sejumlah calon petahana diketahui gagal di Pileg 2019.

Hal ini terlihat dari ketidakhadiran wakil rakyat tersebut, pada momen-momen paripurna di kantor yang terletak di Jl POM IX Palembang tersebut.

Termasuk pada rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda, Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel, terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Sumsel Tahun Anggaran 2018, Senin (24/6/2019).

Pantauan dilokasi, beberapa kursi yang tersedia terlihat banyak kosong.

Percha Leanpuri Ulang Tahun ke 33, Ini Doa dari Sang Suami Tercinta

Hanya ada segelintir anggota dewan yang hadir meski paripurna dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, dan sidang dipimpin langsung ketua DPRD Sumsel MA Gantada.

Gantada menyayangkan kurang kesadaran beberapa para rekannya tersebut hadir di paripurna hari ini.

Namun ia tidak bisa menyalahkan, karena mungkin kesibukan tertentu sehingga mereka tidak bisa hadir.

"Ini paripurna lanjutan, sehingga meski sedikit yang hadir tidak perlu kourum. Paripurna lanjutan ini, merupakan sidang paripurna kemarin (17 Juni) yang sempat diskor dan nanti dilanjutkan pada 1 Juli."

"Ini juga nantinya tidak perlu kuorum," kata Gantada.

Waspada Melintas di Jalur Bahaya Baturaja-Muara Enim, 4 Hari Ini Selalu Ada Mobil Terbalik

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, dari total 75 anggota DPRD Sumsel (termasuk 4 pimpinan), yang hadir pada paripurna tersebut sebanyak 38 orang berdasarkan laporam absensi yang dilakukan sekretariat DPRD Sumsel. 

"Sebagai ketua DPRD Sumsel, saya mengharapkan anggota dewan yang ada, untuk semaksimal mungkin hadir dalam sidang paripurna sebagai bentuk profesional,"

"Memang kita tidak bisa memaksa mereka hadir khususnya yang tidak terpilih lagi, tetapi saya dan beberapa teman lainnya tetap hadir," tuturnya.

Wali Kota Prabumulih Mengadang Truk Trailer Masuk Jalan Kota, Sopir Mengaku Dikawal Oknum Aparat

Ditambahkan Gantada yang sudah 4 periode duduk di DPRD Sumsel ini, kedepan anggota DPRD Sumsel harus menghadiri sidang paripurna sebagai profesional dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat, jika tidak ada kepentingan di luar.

"Kehadiran tanpa pemberitahuan anggota DPRD Sumsel juga di paripurna, ada rekam jejak di badan kehormatan. Sepanjang mereka berada dikoridornya, mereka tidak bisa ditindak," tegasnya.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved