Pileg 2019

PDI Perjuangan Sumsel Duga Golkar Gelembungkan Suara, Hingga Jatah Kursi PDIP Hilang di Dapil Muba

PDI Perjuangan Sumsel Duga Golkar Gelembungkan Suara, Hingga Jatah Kursi PDIP Hilang di Dapil Muba

PDI Perjuangan Sumsel Duga Golkar Gelembungkan Suara, Hingga Jatah Kursi PDIP Hilang di Dapil Muba
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Ramanda 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sumsel, resmi mengajukan gugatan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Sumsel, untuk beberapa tingkatan.

"PDI Perjuangan Sumsel ada 3 gugatan hasil Pileg di Sumsel, baik tingkat DPR RI, Provinsi maupun Kabupaten," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, Giri Ramanda, Rabu (13/6/2019)

Ia mengatakan, beberapa hasil pileg yang digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut, yaitu ditingkat DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel I yang meliputi kota Palembang, Banyuasin, Muba, Mura, Muratara dan Lubuklinggau, yang diduga ada pengurangan suara caleg PDI Perjuangan.

Kemudian untuk tingkat DPRD Sumsel dari dapil IX (Muba), dengan dugaaan adanya penggelembungan suara oleh partai tertentu (Golkar), dan pengurangan suara partai PDI Perjuangan (caleg atas nama Uzer Effendi).

"Serta ditingkat DPRD Kabupaten Muba untuk Dapil IX, dengan dugaan hampir sama, yaitu partai lain menggelembungkan suara

Bupati Banyuasin Askolani Melamar dr Sri Fitriyanti, Acara Dibuka dengan Berbalas Pantun

BREAKING NEWS : Bupati Banyuasin Askolani Resmi Lamar Dokter Cantik, Anaknya Beri Restu

Digosipkan Ahmad Dhani Bangkrut, Nyatanya Mulan Jameela Naik Mobil Mewah Jenguk Suaminya di Rutan

Aksi Pecah Kaca di Prabumulih Terekam Kamera, Tasi Berisi Alat Operasi Milik Dokter Mata Raib

dan suara PDI Perjuangan berkurang, sehingga PDI Perjuangan kehilangan kursi di Dapil itu," tandasnya.

Ditambahkan mantan ketua DPRD Sumsel ini, dari 3 gugatan itu yang paling getol mereka perjuangkan yaitu untuk kursi DPRD Sumsel dapil IX.

Sebab jika MK memenangkan gugatan tersebut, PDI Perjuangan bisa menyalip partai Golkar dan nantinya akan meraih kursi ketua DPRD Sumsel untuk periode 2019- 2024 dengan kursi sama- sama 12 (meski saat ini Golkar 13, PDI Perjuangan 11).

"Bukti sudah di pusat, ketiga itu dianggap memenuhi unsur, atas dugaan penggelembungan dan pengurangan suara," tegas Giri optimis.

Dimana berdasarkan hasil rekap hasil Pileg 2019 oleh KPU Sumsel, PDI Perjuangan meraih suara tertinggi berhasil meraih suara terbanyak sebesar 594.762 suara atau 11 kursi di DPRD Sumsel periode 2019-2024, dibanding 15 parpol peserta pemilu lainnya.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved