4 Daerah Kabupaten PALI Rawan Karhutla, BPBD Temukan Sejumlah Titik Api

Memasuki beberapa minggu terakhir, cuaca di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI) terasa panas menyengat dan terkadang langsung

4 Daerah Kabupaten PALI Rawan Karhutla, BPBD Temukan Sejumlah Titik Api
RAIGAN/SRIWIJAYAPOST
Kepala BPBD Kabupaten PALI, Junaidi Anuar. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI -- Memasuki beberapa minggu terakhir, cuaca di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI) terasa panas menyengat dan terkadang langsung hujan disertai petir, Sabtu (18/5/2019).

Hal ini ditenggarai Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya di Kabupaten PALI memasuki musim pancaroba, sehingga musim kemarau diprediksi bakal berlangsung lama.

Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten PALI,
Junaidi Anuar menerangkan saat musim peralihan (pancaroba) dari hujan ke kemarau berpotensi menimbulkan bencana tidak hanya longsor, banjir tetapi juga kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dari itu, kata Junaidi memasuki kemarau pihak BPBD saat ini menyatakan siaga bencana darurat Karhutla di Bumi Serapat Serasan.

"Saat ini BPBD sudah menemukan 4 titik api di kawasan Kabupaten PALI dan terindikasi rawan kebakaran terutama saat musim kemarau," ungkap Junaidi, Sabtu.

Menurut dia, berdasarkan tinjauan BPBD 4 titik Api itu berada di kawasan Kecamatan Penukal, lantaran beberapa hari lalu ada terdeteksi api di wilayah Desa Pengabuaan dan Desa Betung.

Selain itu, kata dia, khusus di Sumsel Kabupaten PALI termasuk dalam sembilan (9) kabupaten/kota yang rawan karhutla.

"Untuk antisipasi kejadian darurat tim BPBD dan Koramil berkerjasama Melakukan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan" jelasnya

Junaidi Anuar menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan antisipasi Dalam menyikapi Karhutla. Mengingat, dikabupaten PALI masih banyak hutan dan lahan gambut, maka itu team BPBD telah Membina 6 desa tangguh yang juga dianggap rawan kebakaran lahan.

Dari 6 desa binaan itu, yaitu Desa suka Rami, Desa Prabu mlMenang, Desa Tempirai, Desa Tempirai Utara, Tanah Abang Utara, dan Curup.

Halaman
12
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved