Hasil Hitung Suara Caleg

Jatah Kursi DPR RI Dapil Sumsel II Lepas, PKS Perjuangkan Keadilan ke KPU RI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019

Jatah Kursi DPR RI Dapil Sumsel II Lepas, PKS Perjuangkan Keadilan ke KPU RI
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Saksi PKS Riduan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 ditingkat Provinsi Sumsel, Senin (13/5/2019).

Padahal sebelumnya terdapat keberatan sejumlah saksi partai khususnya di Kabupaten Empatlawang dan Kabupaten Muratara.

Pada hasil rekap, ditingkat DPR RI Dapil Sumsel II, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menuding Nasdem menggelembungkan suara di Kabupaten Empat Lawang.

Saksi PKS Sumsel, Riduan Saiman mengatakan, akibat dugaan penggelembungan suara tersebut satu kursi DPR RI yang sedianya didapat caleg DPR RI dari PKS atas nama Iqbal Romzi, hilang.

Saksi PKS Askweni menemukan adanya perbedaan DA dan DB di Empat Lawang. Padahal saat rekapitulasi hasilnya sama. Namun setelah di print out berbeda.

"Ditingkat KPU antara DA dan DB berubah padahal saat rekapitulasi sama hasilnya, tapi pada saat print out DB , kita sayangkan itu, itu ditemukan Askweni saksi PKS pada malam itu," ujar Riduan, Senin (13/5/2019).

Karenanya sejak awal rekapitulasi di KPU Kabupaten Empat Lawang pihaknya menyampaikan keberatan. Dan rekapitulasi KPU Empat Lawang diambil alih KPU Provinsi.

Riduan yang juga Ketua DPD PKS Palembang ini mengungkapkan, beberapa kecamatan yang mengalami penggelembungan suara terjadi diantaranya adalah Muara Pinang, Pendopo, Ulu Musi, Tebing Tinggi dan hampir semua kecamatan.

"Penggelembungan lebih kurang terjadi kenaikan sekitar 7.000 suara, sehingga yang tadinya suara ustadz Iqbal menang 500 suara di urutan ke 9 kursi terakhir, itu menjadi hilang gara-gara adanya penggelembungan suara Nasdem."

"Ini sudah kami lakukan form keberatan DC2 yang sudah ditandatangani saksi kita semalam Pak Askweni dan Aulia Rahman dan tadi siang sudah ditandatangani Ketua KPU Kelly Mariana," ungkap Riduan.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved