Sekda Nasrun Umar Buka FGD Penyusunan Tabel Input Output dan Penyusunan DDA Sumsel

Sekda Nasrun Umar mengatakan, kinerja ekonomi suatu daerah dilihat dari laju pertumbuhan Produk Domestik Region Bruto (PDRB)

Sekda Nasrun Umar Buka FGD Penyusunan Tabel Input Output dan Penyusunan DDA Sumsel
Humas Pemprov Sumsel
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar membuka Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Tabel Input Output Provinsi dan Penyusunan Daerah Dalam Angka (DDA) Provinsi Sumsel Tahun 2019, Senin (29/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar membuka Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Tabel Input Output Provinsi dan Penyusunan Daerah Dalam Angka (DDA) Provinsi Sumsel Tahun 2019.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel di Hotel Harper Palembang, Senin (29/4/2019).

Sekda Nasrun Umar mengatakan, kinerja ekonomi suatu daerah dilihat dari laju pertumbuhan Produk Domestik Region Bruto (PDRB).

Namun PDRB tidak bisa menginformasikan hubungan sektor-sektor ekonomi.

“Hal inilah yang membuat kita membutuhkan instrument statistik yang disebut tabel Input Output (Tabel I-0)," kata Nasrun.

Dengan penyusunan tabel Provinsi Sumsel maka akan mendapatkan petunjuk mengenai sektor-sektor yang mempunyai pengaruh terkuat terhadap pertumbuhan ekonomi yang peka terhadap perekonomian di Sumsel.

Menurutnya, kegiatan penyusunan tabel I-O Sumsel menjadi agenda Badan Pusat Statistik di Tahun 2019.

Penyusunan tabel I-O Sumsel yang dilakukan di tahun 2019 ini akan dilanjutkan dengan penyusunan Tabel Inter Regional Input Output (IRIO) Sumsel pada tahun 2020.

“Mewujudkan pemerataan pembangunan menjadi salah satu cita-cita dan tujuan pembangunan."

"Oleh karena itu sangat diperlukan perencanaan pembangunan yang terintegrasi yang mempertimbangkan aspek ruang, aspek daerah dan wilayah,” tuturnya

Lebih jauh Nasrun mengatakan, Penyusunan tabel IRIO yang akan dilakukan BPS di tahun 2020 dilatarbelakangi kebutuhan data tentang karakteristik daerah/provinsi yang dapat menunjang perencanaan pembangunan daerah yang lebih optimal.

“Tabel IRIO dapat memberikan gambaran secara rinci keterkaitan antar wilayah karena menggambarkan arus transaksi barang dan jasa sektor ekonomi dan antar daerah."

"Diharapkan nantinya, tercipta kolaborasi antara BPS Provinsi Sumsel dengan OPD terkait di lingkungan provinsi Sumsel dalam melengkapi data-data yang dibutuhkan tabel O-I dan IRIO serta untuk daerah dalam angka Provinsi Sumsel tahun 2019,” pungkasnya. (rel)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved