Video

Video : Warga Gandus Curiga Ada Kertas Suara yang Sudah Dicoblos dalam Gudang, Ternyata Isinya Buku

Warga Gandus Curiga Ada Kertas Suara yang Sudah Dicoblos dalam Gudang, Ternyata Isinya Buku

Warga Gandus Curiga Ada Kertas Suara yang Sudah Dicoblos dalam Gudang, Ternyata Isinya Buku.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Warga Talangkemang, Kecamatan Gandus, Palembang, Sabtu (13/4/2019) sore, sempat heboh. Mereka curiga ada logistik pemilu yang sengaja disembunyikan dalam sebuah gudang di sekitar permukiman mereka. Setelah dipastikan, memang benar di dalam gudang itu banyak dus berisi buku-buku yang berkaitan dengan pemilu.
Menurut keterangan warga setempat, mereka sudah tiga hari ini mengetahui ada sesuatu di gudang itu. Namun belum mau bertindak, karena menunggu barangkali pemilik gudang melapor ke aparat pemerintah setempat.

Namun sampai kemarin, warga maupun RT tak juga mendapat pemberitahuan mengenai apa isi gudang itu. Warga khawatir kejadian di Malaysia yang sempat heboh penemuan kertas suara sudah dicoblos--terjadi di sekitar mereka.

"Awalnya saya dapat info dari ibu-ibu di sana yang kenal saya. Lalu saya ajak teman-teman dan warga untuk memastikan. Tapi belum berani membuka gudang. Akhirnya setelah berkoordinasi, sore sekitat pukul 5 (17.00) pemilik barang dan pemikik gudang datang membuka," kata Rizal, salah seorang relawan Capres 02, Minggu (14/4/2019).

Rizal juga sempat memosting foto dan video pengecekan gudang tersebut di akun Facebooknya. Dari sana jelas sekali ada tumpukan dus berlogo penyelenggara pemilu.
Menurut Rizal, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai barang-barang tersebut. Namun pemilik gudang dan barang berjanji akan mengosongkan gudang itu paling lambat Selasa, 16 April 2019.

"Jadi kita belum tahu persis dari mana dan untuk apa barang itu dan mengapa bisa ada di situ," kata Rizal.

Kapolsek Gandus AKP M Aidil ketika dikonfirmasi terkait adanya penimbunan dugaan kertas surat suara yang telah dicoblos, membatah adanya hal tersebut.

Menurut Aidil, pihaknya bersama TNI dan aparat lainnya yang mendapatkan laporan dari masyarakat langsung melakukan pengecekan dan pemeriksaan gudang tersebut.

"Sudah kami cek dan diperiksa, kami tegaskan itu bukan surat suara yang sudah dicoblos. Melainkan buku panduan saksi untuk pemilu," ujarnya, Minggu (14/4/2019).

Pemilik barang tersebut sudah dimintai keterangan terkait hal tersebut. Pemilik barang mengaku, bila memang mereka memiliki dokumen resmi untuk mengangkut dan mendistribusikan buku panduan saksi pemilu.

Karena, penanggung jawab pemegang dokumen buku panduan saksi pemilu merupakan pemenang tender. Mereka sudah sesuai prosedur untuk mengakut dan mendistribusikan buku panduan saksi pemilu nantinya.

"Katanya, nanti di pindahkan. Karena, masih berkoordinasi juga. Makanya sekali lagi, kami tegaskan itu bukan surat suara yang diisukan telah di coblos dana sengaja di simpan," pungkasnya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Abriansyah Liberto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved