Berita Palembang

4 April Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Jalur Zonasi Palembang, Kuota 40 Persen

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi tahun 2019 bakal diumumkan secara online pada 4 April 2019 mendatang.

4 April Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Jalur Zonasi Palembang, Kuota 40 Persen
MELISA/TRIBUNSUMSEL.COM
kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, Herman Wijaya. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi tahun 2019 bakal diumumkan secara online pada 4 April 2019 mendatang.

“Nantinya mereka yang dinyatakan lulus dijalur zonasi ini harus melakukan pendaftaran ulang,” ujar Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, Herman Wijaya saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (2/4/2019)

Dia menambahkan, adapun kuota zonasi disediakan hanya 40 persen, pasalnya dengan jalur zonasi harus diimbangi dengan pemerataan sekolah.

"Berkaitan dengan jalur zonasi ini kan bermasalah dengan belum meratanya sekolah. Belum meratanya sekolah di setiap kecamatan, belum meratanya sekolah di tiap kelurahan," katanya.

Banyak Kesalahan Menentukan jarak Rumah, Pengumuman PPDB SMP Palembang Mundur 4 April 2019

Sistem zonasi ini juga tidak menggunakan angka tapi menggunakan jarak, memang dalam pelaksaannya beberapa ditemukan keluhan, siswa yang notabene jarak dari rumah dekat dengan sekolah.

“Sekolah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah,” ujarnya.

Jalur zonasi tahun ini dihitung sesuai dengan jarak RW ke sekolah terdekat. Tak hanya itu, lokasi RW ini harus berdasarkan KK orangtua dengan nama anak yang tercantum di dalam KK tersebut, yakni sesuai dengan KK orangtua.

Sistem zonasi ini, menurutnya, diterapkan untuk pemerataan sekolah. Dengan begitu, tidak ada istilah sekolah favorit, sekolah tidak bagus, dan sebagainya.

"Jadi ya gak ada lagi sekolah favorit dan itu kan sekolah favorit sebenarnya hanya opini masyarakat. Kalau kami di dinas pendidikan ini semua sekolah sama, perlakuannya sama, fasilitasnya sama," tutupnya. (elm)

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved