Jalan Utama Ulu Ogan Longsor Dipicu Hujan Deras Semalam, Pengedara Harap Waspada

Bagi warga yang melintasi Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus berhati-hati.

Penulis: Retno Wirawijaya | Editor: Prawira Maulana
RETNOWIRAJAYA/TRIBUNSUMSEL.COM
Jalan longsor di kawasan Desa Beladang, Ogan Komering Ulu (OKU) longsor. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BATURAJA - Bagi warga yang melintasi Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus berhati-hati.

Pasalnya pasca hujan deras, jalan di kawasan Desa Beladang, kecamatan setempat longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Hemni melalui Kepala Sesi (Kasi) Kedaruratan dan Kesiapsiagaan, Mailan Purnama membenarkan kondisi tersebut.

Longsor terjadi diperkirakan akibat hujan deras tadi malam.

"Tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut, kondisi jalan menggantung sekitar 1 meter. Kondisi sekarang masih bisa di lintas kendaraan, tapi pengendara harus hati-hati melintas," kata Mailan kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Kakek Juni Terpeleset dari Sampannya, Jenazah Nelayan Pamulutan Akhirnya Ditemukan

Tragedi Pembunuhan Bidan Betti: Teman Kuliah Kaget, Bidan Betti Aslinya Belitang

Inilah Foto Wajah Para Pembunuh Bidan Betti, Keponakan Sewa Pembunuh Bayaran yang Diketuai Sekdes

Mailan menceritakan, akibat kondisi jalan longsor tersebut mengguna jalan harus hati-hati saat melintas. Bahkan menimbulkan keakhwatiran untuk dilintasi.

"Jalan yang mengalami longsor tersebut merupakan jalan utama Kecamatan Ulu Ogan. Kita sudah berkoordinasi dengan camat. Informasi ini kami terima dari camat setempat," katanya.

Menyukapi hal ini kata Mailan, pihak BPBD akan berkordinasi dengan pihak Dinas PU PR. Kondisi ini juga segera akan dilaporkan ke Bupati OKU.

"Kami akan menurunkan relawan ke sana untuk berjaga-jaga agar hal tidak dinginkan tidak terjadi," katanya.

Sebelumnya Mailan menjelaskan, BPBD Kab OKU mencatat ada beberapa titik rawan longsor, banjir dan abrasi di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekindang.

Mailan menceritakan 6 (enam) Kecamatan rawan bencana Banjir.
Antara lain Yakni Kecamatan Baturaja Timur, Lubuk Batang, Kedaton Peninjauan Raya (KPR), Ulu Ogan Lengkiti, Muara Jaya dan Semidang Aji.

Rawan Banjir di Kecamatan Baturaja Timur, yakni Kelurahan Baturaja Permai, Sekarjaya, Desa Air Paoh, Kelurahan Sepancar, Desa Tanjung Baru, Dusun Baturaja dan Tanjung Kemala. Kec Lubuk Batang, Desa Gunung Meraksa, Lubuk Batang Lama.

"Untuk Kecamatan KPR rawan banjir di kedaton sebagian dekat dasa ogan yang terkena dampak banjir, desa kampai. Kec ogan Desa Ulak Lebar, Gelumpang," kata Mailan.

Untuk tanah longsor dan batang roboh kata Mailan, rawan terjadi di Kec Baturaja Barat, Lengkiti, sosohbuay rayap dan ulu ogan. Daerah yang rawan abrasi yakni di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Ogan sampai Perbatasan OKU dan OI.

Mailan menambahkan selain itu juga ada daerah rawan puting beliung. Misalnya di Kec Ulu Ogan, Pengandonan, Baturaja Timur dan Sosoybuay rayab.

Bagi warga yang melintasi Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus berhati-hati. Pasalnya pasca hujan deras, jalan di kawasan Desa Beladang, kecamatan setempat mengalami longsor.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved